Indonesia Beli Sukhoi Su-35, Singapura Ngaploo Proposal Pembelian F-35nya ditolak Amerika

gambar: globalsecurity.org
gambar: globalsecurity.org

Banyak desas-desus menyatakan bahwa Singapura telah membeli F35 untuk menyaingi Su-35 yang akan dibeli oleh Indonesia. Padahal faktanya, Singapura sama sekali tidak mendapat “izin sinyal” persetujuan dari Amerika untuk membeli pesawat ini.

Kalaupun akhirnya direstui untuk membeli jet tempur ini, paling cepat baru bisa dibeli oleh singapura tahun 2035 dengan delivery tercepat tahun 2040.

Saat ini, F35 hanya tersedia bagi para negara donor Joint Strike Fighter (JSF) ini. Yang terdiri dari: Inggris, Italy, Belanda, Kanada, Turkey, Australia, Norway, Denmark, Israel, Korea Selatan dan Jepang. Urunan dari ke-11 negara tersebut totalnya mencapa 4,3 Milyar dollar (US$4.375ย billion) untuk riset, pengembangan pra produksi. Total riset pengembangan jet ini mencapati 1,3 Trillun dollar sob.

Dalam kesepakatam program JSF (Joint Strike Fighter) F-35 sudah jelas, bahwa total ada 3.100 ekor F-35 yang akan diproduksi sampai tahun 2035 dan hanya diperuntukkan bagi Amerika dan ke-11 negara partisipan tersebut.

Baca Juga:   Kisah Nyata Rumah Hantu Beli Sepeda Motor Cash, Dikirim Malam Hari, Salesnya Kaget Ketika Nganter STNK Besoknya

Singapura? proposal pembelian singapura yang diajukan ketika Australian International Air Show telah ditolak oleh Pentagon.

roda2blog di sosial media

18 Komentar

    • siiiip TNI, beli deh SU-35 sebanyak 2 (dua) skuadron dan SUB MARINE KILO
      30 (TIGA PULUH) Unit, setengahnya berbahan bakar Nuclear dan ada RUDAL
      IRBM nya agar INDONESIA JAYA. Wslm.

Tinggalkan Balasan