Byson, Produk Biang Kerok Yamaha yang Berat diongkos Produksi

Yamaha FZ/Byson Injeksi

Byson, sepeda motor yang sejak awal memang sudah diragukan oleh Yamaha untuk dijual di Indonesia. Spyshoot Byson udah nongol sejak 2008 dan baru meluncur ke pasar tahun 2010.

Tapi karena desakan para netizen termasuk blogger cukup kencang, yaa pasrah deh ini motor dijual oleh YIMM. Awalnya cukup menjanjikan karena motor ini punya lawan tanding yang kurang jelek rupanya, Honda New Megapro (NMP). :mrgreen:

Tapi ternyata, si Honda NMP itu adalah jebakan dari Honda. Ibarat lagi main catur, Si Honda ngorbanin menteri untuk dimakan “ster” ehh setelah habis makan. Si “ster” mampus gak bisa gerak kemana-mana.

Saat meluncurkan NMP, Honda sudah punya grand design akan meluncurkan Verza 150. Motor sport murah meriah untuk semua kalangan. Meskipun NMP enggak laku, ya enggak jadi masalah karena biaya ongkos mesin NMP bisa dioper ke Verza.

Baca Juga:   Heboh Pertalite dan Pertamax Warnanya Sama, Diuji Pertamina Ternyata Asli, Kok Bisa?

Sedang Yamaha?. mumet ndase!!! Yamaha puyeng mau dibawa kemana si Byson, ongkos produksi mesin juga berat apalagi penjualan Byson makin nyungsep.

Kelemahan utama Byson adalah pada body kondom plastiknya. Yang membuat Byson susah dimodifikasi. Contoh klo mau dibikin scramblerr atau Jap style atau cafe racer atau motorcross, piye jall?.

Satu-satunya cara mendongkrak penampilan Byson hanya lewat aksesoris plug n play, itupun sangat minim, palingan ya hanya area mesin dibawah tangki. Atau yang biasa disebut fairing celana.

Mau bikin motorsport murah buat nyaingin Honda Verza juga susah bila harus memakai mesin Byson. Sudah terkenal lemotnya soobb. :mrgreen:

Jadi? besar kemungkinan Byson akan segera almarhum. Sebagai gantinya, ya jelas harus sebuah produk DOHC.

Baca Juga:   Jerman Juara, Arnold harusnya dapat golden ball

Tapi?? seperti prediksi bro komeng. Saat Yamaha merekontruksi produk sport, pangsa pasar sportnya sudah dikuasai Honda lewat pintu belakang, si Honda Verza.

roda2blog di sosial media

10 Komentar

  1. Kasarnya, Verza itu jurus banting harga NMP yg udah gk lsku. Gengsi kalo NMP turun harga, maka dia pakein mesin NMP baju Verza. Ini yg gak diprediksi oleh Yamahs. Jurus pamungkas AHM yg gak bisa diikutin YIMM ….

    • Siip analisanya bung, saya dulu di training marketing juga sering ngambil contoh strategi Astra melawan pesaing2nya. Mulai dari bagaimana Astra merubah Daihatsu Zebra yang kalah ma Futura, dibalik rangkanya jadi Espass dengan harga gak beda jauh, anjlok dah futura, begitu pula waktu bikin kontes karoseri model pajero untuk Isuzu Panther tahun 1995-an, ternyata untuk menghancurkan image dan pasaran Mit Pajero kala itu karena Toyota mau keluarin SUV barunya.

      Kehebatan Astra memang di marketingnya, mereka bisa jungkir balikkan posisi market di Indonesia berbanding terbalik dengan market dunia. Contoh, Indonesia adalah negara pertama dimana penjualan BMW bisa mengatasi Mercy pada kelas yang sama. Juga Daihatsu, yang secara kualitas mesinnya dibawah suzuki, bisa dijual dengan harga lebih tinggi, udah gitu pake indent pulak…

  2. halah, terserah sang ATPM mau buat produk berapapun keq..wong dia yg punya duit 😛
    byson cuma gede badan, sok, ban, tampang sangar, dll. tapi mesin masih kuno , masih canggihan mesin mx apalagi vixion. coba aja dipake macet2an panas2an pasti cepet overheat apalagi kakaknya si scorpio 😀

Tinggalkan Balasan