F35 bisa dilumpuhkan dengan mudah oleh Su-27. Pernyataan Lembaga Kajian Militer Amerika

gambar: globalsecurity.org
gambar: globalsecurity.org

Sejak awal, proyek JSF (Joint Strike Fighter) memang sudah mengundang kritik dan tanda tanya bagi publik pemerhati militer di Amerika. Proyek milyaran dollar yang dananya disokong Amerika dan negara-negara sekutu itu, dinilai tak wajar.

Proyek tersebut bermula dari kebijakan Amerika, bahwa F22 Raptor tidak akan dijual bagi negara lain. Sebagai gantinya, tawaran JSF untuk bersama-sama mengembangkan F35. Sebuah pesawat generasi ke-5 yang basis desainya mengacu pada F22 Raptor.

Kantor berita CNN merilis laporan dari Lembaga National Security Network (NSN) yang berbasis di AS. Dalam laporan tersebut, bahwa pesawat tempur siluman F-35 bukan tandingan pesawat Rusia seri Su-27, atau bahkan seri yang lebih lama, MiG-29.

F-35 Lightning II yang saat ini dioperasikan Amerika. Akan menjadi sasaran empuk pesawat keluarga Sukhoi Rusia, kata National Security Network (NSN) yang berbasis di AS.

Judul laporan tersebut adalah ‘Thunder without Lightning: The High Costs and Limited Benefits of the F-35 Program’ (Guntur Tanpa Petir: Biaya Mahal dan dan Keuntungan Terbatas Program F-35).

Baca Juga:   Avanza Rombongan Penjemput TKI Diseruduk Trailer Hingga Hancur

Analis kebijakan Bill French dan peneliti Daniel Edgren menyebutkan F-35 sepertinya akan dengan mudah ‘dikalahkan’ dan ‘ditaklukan’ oleh ‘teman sebayanya’ seperti jet tempur Rusia seri Su-27 Flanker.

Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa pada 2009. Angkatan Udara AS dan analis Lockheed Martin mengindikasikan bahwa kemampuan F-35 dalam mengalahkan musuh seperti MiG-29 yang sudah tua dan Su-27 ialah tiga banding satu..

Jika melawan generasi Su-35 bisa jauh lebih buruk. Disebutkan dalam laporan tersebut “Dalam satu simulasi yang dilakukan oleh RAND Corporation, F-35 memiliki rasio kekalahan 2,4 banding 1 berhadapan dengan pesawat AU Tiongkok bermesin Saturn AL-41F1S (117S)/kemungkinan Jengdu-10C, kode mesin ini sama dengan yang dipake oleh Su-35. Ini berarti kemungkinan besar, setiap Su-35 dapat mengalahkan lebih dari dua pesawat F-35.” Kemungkinan juga bisa merontokkan 8 pesawat F-35 sekaligus, karena sistem Avionik Su-35 lebih maju dari Jengdu-10c.

Baca Juga:   Bentuk SIM Akan Dirubah 
f22vsf35
Perbandingan F22 vs F35. Soo jangan keliru lagi ya, F35 hanya paket super hemat dari F22. Gambar: capfalcon.net
f35f22comp
Again, once dominance is established by the Raptor, why do we need an F-35?. Gambar: playdiplomacy.com

roda2blog di sosial media

5 Komentar

  1. buat dogfight mungkin iya kalah, la wong di desain bukan buat dogfight…
    future aircraft fight is about visual range, first sight, first kill
    cmiww lah…

Tinggalkan Balasan