Pergantian Mesin Baru Tank AMX-13 Milik TNI, Walau Tua Tapi Mesin dan Senjata Baru

2 Tank AMX Retrofit dengan meriam kaliber 108 mm setara Tank Leopard. Foto: kenyot09
2 Tank AMX Retrofit dengan meriam kaliber 105 mm setara Tank Leopard. Foto: kenyot09

AMX adalah Tank buatan Perancis antara tahun 1950 – 1987. Kehebatan Tank ini sangat mentereng di arena pertempuran India-Pakistan (1965) dan Perang 6 hari Arab-Israel (1965).

Di  Arsenal TNI, total ada 314 unit tank AMX-13. Masih kalah jumlah dari yang dimiliki Singapura (350) yang dibeli bekas dari Israel dan masih aktif sampai saat ini. Walau sudah  berusia sangat tua, tapi Tank ringan ini sangat mudah diretrofit mesin dan repowering persenjataanya.

Selain dilakukan retrofit oleh PT. PINDAD, penggantian meriam dari kaliber 75 mm ke 105 mm. Kini Bengpuspal Ditpalad bekerjasama dengan CV. Indopulley Perkasa repowering bagian mesin dan roda penggerak.

Bila sebelumnya Tank ini menggunakan mesin Sofam 8 Gxb 8 Cylinders berbahan bakar bensin/Gasoline dengan transmisi dari Soma Minerva ZF5WG180. Sekarang diganti dengan Cummin 6 Cylinders Euro-3 Diesel Turbo lisensi dari Amerika. Kemudian melakukan penggantian Sprocket, Boogie wheel Assy dan Roller Assy dalam kondisi baru yang dibuat di dalam negeri oleh CV. Indopulley Perkasa.

Secara umum kegiatan uji coba Repowering Tank AMX-13/Kanon 105 mm, Spocket, Boogie wheel Assy dan Roller Assy dari CV. Indopulley Perkasa dapat berjalan dengan aman dan lancar, namun masih ada beberapa temuan yang perlu ditindak lanjuti guna penyempurnaan produk berikutnya.

Baca Juga:   Tengok Harga Motor Yamaha Era Tahun 1990, Sekarang Dibilang Murah Padahal Dulu Cuman Ngimpii

roda2blog di sosial media

6 Komentar

Tinggalkan Balasan