Kenapa Hape Xiaomi Bisa Murah?, Ini Rahasianya

image

Merek Xiaomi saat ini sedang digemari, terutama oleh kalangan remaja anak sekolah sampai kuliah, sampai usia muda puber kedua. Terutama seri Redmi 2, Redmi Note dan mi4i. Jian sampe kewalahan kulakan gann.

Selain banderol harga yang terjangkau dengan komponen yang berkualitas nomer satu. Desain dari Hape Xioami memang ganteng gan. Lalu Apa sih yang membuat hape produksi Xiaomi ini bisa lebih murah dari kompetitor?, berikut 2 rahasianya gan.

  1. Harga Komponen Spare Part Hape Turun Tiap 3 Bulan

Perkembangan teknologi smartphone yang cepat melaju, membuat harga komponen/spare part juga mengalami penurunan harga yang cepat.

Jika samsung memilih strategi cara Nokia, dimana harga hape saat pertama keluar. Harganya disesuaikan dengan harga komponen saat itu. Walhasil hape Nokia dan samsung, mengalami penurunan harga yang cukup drastis dari saat pertama kali keluar.

Baca Juga:   Kopi Luwak : Aroma Dahsyat ... Rasanya smoothhh

Ambil contoh samsung J5, saat launching bulan Juni 2015 banderol harganya 3 juta. Saat ini (bulan oktober, 4bulan berselang) harganya tinggal 2,6 juga. Terjadi penurunan harga 400ribu.

Kenapa? karena harga spare partnya juga turun. Yang paling drastis penurunya adalah harga layar LCD amoled. Bila dulu harga $50, sekarang cuma $20 saja. Contohnyaa

2. Harga Jual Produk Xiaomi Stabil, Dari launching sampai mati

Xiaomi berbeda dengan Samsung/Nokia. Banderol harga loncing sebuah produk Xiaomy sangat sedikit margin labanya. Karena Margin laba yang tipis ini, bisa membengkak seiring waktu berjalan.

Seiring waktu, harga komponen semakin turun. Naghhh disinilah Xiaomi mulai mengeruk uang/laba. Caranya, dengan menjaga harga jual tetap stabil. Makanya harga jual Redmi 2, dari pertama launcing sampai sekarang ya dikisaran 1.500.000

Baca Juga:   Rossi Sadar Dirinya Sudah Terlalu Tua Untuk Balapan

Berbeda dengan samsung/Oppo yang memilih ikut turun harga. Nihh Tabel ilustrasinya.

Kenapa Xiaomi Murah
Kenapa Xiaomi Murah

3. Mengandalkan Kepuasan Konsumen dibandingkan Iklan di TV
Jangan ngarep ada Iklan Xiaomi di TV.Xiaomi lebih mengandalkan iklanΒ  lewat WOM (World Of Mouth Marketing). yaitu, seorang konsumen yang merasa puas lalu merekomendasikan ke konsumen lainya.

Kontrak spot tayang iklan di TV, untuk 1 bulan aja bisa mencapai 1 Milyar jika tayang di prime time. Belum biaya kontrak bintang Iklan/ Brand Ambassador. Makanya jangan heran bila hape bermerek macam Oppo/Samsung berharga mahal, karena biaya iklan juga dibebankan pada Harga Pokok Produk.

Bahkan sekedar ngontrak space etalase di konter hape pun, xiaomi ogahh.

roda2blog di sosial media

15 Komentar

  1. nek ada temen yang minta rekomendasi biasanya emang tak saranin ke xiaomi.. ya soalnya itu kualitasnya lumayan oke, harga cenderung masuk akal.. dan rata-rata yang pake xiaomi emang lumayan puas walau tentu ada catatan..

    btw mi4i sekitar piro saiki lek? πŸ™„

Tinggalkan Balasan