Klaten, Destinasi Wisata Menakjubkan yang Sederhana Tapi Profesional

Sudah bosan dengan tempat wisata di Jogja atau malah Bali. Ingin tujuan wisata alternatif yang pengelolaanya sudah modern, atraktif dan malah bonusnya hemat biaya?

Kota Klaten adalah jawabanya. Kota yang diapit Solo dan Jogja. Pelan tapi pasti telah menjadi destinasi wisata. Terutama bagi warga Jogja dan Solo.

Berikut 6 hal yang unik dan istimewa dari Klaten.

1. Wisata Air Polanharjo
Kecamatan Polanharjo, terdapat banyak sumber mata air (biasa disebut umbul) yang airnya alami tak pernah kering.

image
Sungai tempat bermain air yang jernih dan asyik

Yang terkenal adalah Umbul Ponggok (snorkling air tawar) dan Umbul Cokro. Tapi umbul lainya juga tak kalah menarik. Ada yang didesin menjadi waterboom dan pemancingan. Termasuk yang paling menarik lagi adalah daerah aliran sungai yang didesain menjadi tempat bermain dengan ikan-ikan besar yg jinak.

Jika ke Polanharjo, jangan pernah takut kehabisan wahana wisata air, total ada 9umbul. Tiket masuknya pun murah meriah antara 5,000-8000.

2. Wisata Kuliner dan City Tour
Menu favorit saya adalah Sop Ayam Pecok Pak Min. Sedangkan yang khas lainya, ada Sambel Belut, Garang Asem, Bebek Goreng, Ikan Bakar hingga Gudeg. Soal harga? Sangat terjangkau.

Baca Juga:   Bendrang, Menu Lezat yg enggak ada di Rumah Makan

Di pagi hari, anda masih bisa sarapan semangkok soto dengan harga 2,000 rupiah saja.

Di tempat wisata, harganya juga masih bersahabat. Di tempat snorkling sepopuler Ponggok, harga gorengan masih dibandrol 500perak saja. Soto Ayam, 3500/mangkok.

Jika ingin tempat ngopi santai di sore hari dengan panorama gedung tua, Gondang Winangoen bisa dicoba.

3. Jombor, Monumen Kapur, Kuliner dan Air
Pengen yang beda? Daerah Klaten Selatan, Jombor. Menyimpan panorama yang eksotis. Perpaduan tebing karang yang menjulang indah dengan panorama telaga air yang membentang bisa dinikmati dengan hidangan kuliner ikan bakar yang maknyuss.

image

Ingin lebih, bisa menyewa perahu untuk berkeliling. Atau sembari menunggu, bisa merasakan sensasi strike ala pemancing.

4. Deles Indah Merapi
Ingin ngadem dengan hawa dingin puncak gunung juga bisa. Desa Deles Indah namanya. Sekitar 15KM dari pusat kota. Lokasinya di lereng Gunung Merapi, mirip dengan Kaliurang di Jogja.

Baca Juga:   Sambut Honda Bikers Day 2017 Astra Motor Hadirkan Program Honda Amazing Rides

5. Penginapan Murah Meriah
Di sepanjang jalan raya Solo-Jogja yang membelah kabupaten Klaten. Terdapat banyak penginapan melati yang tarifnya dibawah 100ribu. Ingin yang lebih lux, di tengah kota juga terdapat beberapa hotel berbintang.

Ingin yang gratisan juga banyak. Banyak POM (Penginapan Ora Mbayar) bensin yang buka 24 jam di sepanjang jalan raya Solo-Jogja. Dan menyediakan tempat istirahat bagi gratis dan aman. :mrgreen:

6. Transportasi Mudah
Bagi para backpacker, Stasiun Klaten bisa jadi titik tuju utama. Hampir semua kereta jalur selatan pasti mampir disini.

Jika memakai pesawat, bisa turun di Jogja lalu meneruskan ke Klaten dengan kereta Prameks atau jika ingin cepay bisa merasakan sensasi naik Bus Sumber Kencono Grup. :mrgreen:

roda2blog di sosial media

3 Komentar

Tinggalkan Balasan