Motor Pakai Box Ditilang, Jangan Nyebarkan Isu Dong.

image
Motor polisi aja pakek box. Foto: iwb

Lagi hangat tentang aparat polisi yang berniat menindak pengendara  yang memodifikasi kendaraanya dengan ancaman denda hingga 24 juta.

Lalu kemudian tiba-tiba ramai di sosial media, kaskus, facebook tentang kesaksian (yang 99,99% bohong)  mengaku bahwa motor yang mengenakan box juga bakal kena tilang.

Kenapa saya sebut pasti haqqul yakin bohong kesaksianya. Pertama, karena sepeda motor BM Polisi juga pake box.

Kedua, box sudah menjadi aksesoris yang memang sudah dirancang oleh produsen dan bahkan produsen puenyediakan aksesoris resmi seperti rak bracketnya. Contohnya, Honda Spacy dan Yamaha Nmax.

Jika sudah begini, saya rasa pasal hate speech memang wajar diterapkan di negara ini. Agar tak muncul berita-berita yang menimbulkan keresahan dan bisa menyebabkan masyarakat tak percaya pada aparat dan perangkat hukum.

Baca Juga:   Review Meizu M2, Pilihan Terbaik di Bawah Harga 2 Juta
image
Nmax dengan official box. Foto: ridergalau.com

roda2blog di sosial media

10 Komentar

  1. imho yah, kalo menurut aturan box emang di tilang kok, jangankan box, pake ban besar aja resiko di tilang, kalo pake uu tadi, karena nambah dimensi, panjang, lebar, dan tinggi, justru kalo mau blak blakan mah, ban cungkring sama knalpot gak kena, karena dimensi motor gak akan berkurang / bertambah karena itu

    imho loh yah

    masalah polisi melangar? kaya gak tau aja, walau bener melangar, sejak kapan sih mereka mmau kena hukum ginian? palingan alesan tugas lah, dll lah

    kalo menurut ane pasal tadi itu sampah kok, kalo di terapin banyak kurangnya

    kalo modivikasi yg di maksud harus ganti stnk ya di logika aja, knalpot/ban/box, dll gak tercantum di stnk, gak bisa di proses

    intinya, belum jelas, dan polisinya pasti sebodo amat, walau saya tau mereka emang bodoh bodoh

  2. Selama UU tidak menyertakan Penjelasan UU, akan banyak polemik yang ga ada ujungnya karena menambah dimensi tuh seberapa besar? Dimensi atas, samping, atau gimana? Keseimbangan dan kelayakan seperti apa? Ijin modifikasi seperti apa, siapa yang berhak memberikan penilaian?

    Sepertinya perlu ada Judicial Review ke MK soal aturan aturan ini karena di tingkat bawah, akan jadi celah buat (oknum) polisi untuk memeras pengendara dngan dalih “atas nama hukum dan UU’.

  3. Pinter dikit lah…
    Box banyak yg bisa digeser,
    jd ga nambah panjang sama sekali.

    Lagi, boks juga merupakan asesoris resmi, diseluruh dunia…

    Jika anda pernah ke singapura, maka yg menaruh barang selain diransel sama di boks akan kena sangsi.

  4. itu poin gw, polda metro emang menolak, banyak kok pernyataan besok kedele, abis itu tempe

    kebiasaan mah, cari logika yg melindungi jajaranya,

    gak usah jauh jauh polemiknya, tutup pentil aja sering di masalahin, apa lagi knalpot, box, lampu, dll, bahkan standart aja, vixion lawas di tilang pake ban standart.

    itu polisi kita, salah ngeyel, idup lagi

Tinggalkan Balasan