Trowulan, Destinasi Touring Yang Mantab

Akhirnya kesampaian juga gan, jalan-jalan ke Ibukota Majapahit. Yang terletak di Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, Jawa Timur.

Sejak dulu saya sudah terobsesi dengan Majapahit. Maka ya ke Trowulan ini, ibarat seorang fans Arsenal berkunjung ke Emirates Stadium. Jadi mohon maaf untuk teman-teman Jatimotoblog karena saya pamit duluan. Birahi ini sudah memuncak. Bahaya bila dipaksa berendam dengan lawan jenis di Pacet. Eh :mrgreen:

Pukul 06.00
Setelah melepas kepergian Cak Mario. Saya pun menyusul pamit menuju Trowulan. Awalnya pengen ke Candi Bajang Ratu dulu, yang semalam saya lewati. Berdasarkan rute tadi malam, di Kebon Dalem harusnya belok ke kiri. Ehh malah lurus terus sampai ke Mojosari. Yo wis rapopo. 🙁

ini gara-gara Byson diajak adu sprint sama Cak Agus Motomazine yg bawa Vario 125. Hasilnyaa … Walau dgas sampek habis ya tetep aja bisa ditempel Vario.

Jam 07.00, Gerbang Wringin Lawang
Saat berhenti sejenak untuk nengokin posisi saya via google maps. Ada titik Wringin Lawang tepat di tempat saya berhenti. Ketika nengok ke kiri. Hmmm boleh juga dikunjungi. Walau awalnya blass saya gak kenal nama Wringin Lawang

Berdasarkan kepercayaan penduduk. Dua bangunan ini adalah pintu masuk ke rumah Patih Gajah Mada.

Okelah, sambil menunggu jam buka Museum Trowulan (08.00) saya ngobrol dengan penjaga parkir. Tanya-tanya dan minta rekomendasi tempat sarapan yg enak. :mrgreen:

Baca Juga:   Wisata Sepeda Keren, Ngrayun Ponorogo Serasa Australia Broo

Pukul 07.30, Kolam Segaran
saya sampai di kolam segaran. Sayang banget airnya sedang sedikit. Cuma 20% dari normal. Wahh gagal deh mau renang. 😥

Sembari memandangi gadis-gadis yang lari mengelilingi kolam. Ehh pemandangan kolam. Persis seperti kata Juru Parkir tadi, banyak warung sambel wader yang banyak buka di sekeliling kolam.

Pilihan jatuh ke warung Cak Mat. Karena ada makhluk cantik yang parkir di depan warung. Jadi sambil sarapan, sembari memandangi kolam segaran ditemani makhluk cuantik nan eksotis. Kencan yang mantabb

Pukul 08.00, Museum Majapahit
Setelah bayar 14ribu (Nasi Sambel Wader + Aqua). Cuss meluncur ke museum Trowulan. Cuma 50meter aja jaraknya.

Baru kali ini ketemu museum yang pengunjungnya seramai ini. Bayar tiket masuknya 5.000. Karena kata bapak saya, klo masuk ke lokasi wisata dan gak bayar tiket, itu sama aja dengan mencuri. ❗

Sangat disayangkan, kondisi museum Majapahit ini sangat mengenaskan.  Wahana utamanya adalah bekas reruntuhan perkampungan Trowulan.

Dari 4 lokasi situs galian, yang 3 rusak parah. Sedang satunya rusak ringan, tapi ya tetap hati-hati karena lantai dome yg terbuat dari kayu sengon banyak yg lapuk.

Bodo banget kontraktornya, mossok dome kayak gini pake lantai dari kayu, kayu sengon lagi … Ya bablass kena air hujan.

Baca Juga:   Gadis Hutan Yang Cantik Jelita Ini Bikin Banyak Orang Terperangah

Naghh lokasi galian, juga ditutupi seng. Walhasil yaaa pemandanganya seng. Saya sempat menyelinap ke dalam lokasi galian. Bergaya ala Indiana Jones. :mrgreen:

Koleksi benda-benda museum sangat minim. Harap dimaklumi, karena benda-benda peninggalan  zaman Majapahit yang terbuat dari emas, banyak yang dijarah orang Eropa dan sekarang terpajang di berbagai Museum di Eropa dan Amerika. Kitanya cuma kebagian yang terbuat dari tanah liat, batu dan tembaga.

Pukul 11.30, Candi Brahu
Berdasarkan perasaan saya pada  cuaca. Di sekitar di sekitar Candi Bajang Ratu dan Candi Tikus, akan turun hujan.

Perjalanan saya lanjutkan ke Candi Brahu, hanya berjarak 5 menit aja. Lagi-lagi, kagum dengan suasana candi yg ramai  oleh pengunjung. Klo di Jogja, Candi yang kecil begini mana ada yg nglirik.

Sayangnya, ada larangan naik ke atas candi. Padahal saya pengen ngintip ke dalam ruangan candi. Karena saya orang bertakwa, maka larangan ya saya taati. :mrgreen:

Pukul 12.00, Kampung Majapahit.
Selepas dari Candi Brahu, masuk ke sebuah desa. Dan wow!. Rumah-rumah penduduk di desa di sekitar Candi Brahu, desain bagian depanya dirubah menjadi rumah zaman Majapahit.