Kereta Api Sekarang Pakai Sistem Check In dan Boarding, Mantabb

image
Stasiun Senen Jakarta Pusat

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan sistem check in dan boarding pass bagi calon penumpangnya. Kebijakan tersebut berlaku mulai Senin (22/2/2016) di Stasiun Bandung.

“Ini inovasi terbaru kami untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api,” ujar Kepala Humas Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung PT KAI Zunerfin seperti yang dimuat kompas, Minggu (21/2/2016).

Zunerfin menjelaskan, penumpang yang hendak bepergian dengan kereta harus check in maksimal 3 jam sebelum keberangkatan, minimal ya sebelum kereta berangkat. Caranya dengan memasukkan kode booking pembayaran, baik yang terdapat di dalam struk bukti pembelian melalui jalur eksternal maupun tiket resmi yang telah tercetak.

Boarding pass ini berfungsi sebagai tiket masuk ke stasiun dan menggunakan jasa kereta sesuai yang tercetak di boarding pass tersebut.

Proses check in dan boarding pass, sambung Zunerfin, hanya bisa dilakukan maksimal 3 jam sebelum keberangkatan dan minimal 5 menit sebelum kereta berangkat.

Hal ini diharapkan akan mampu mempercepat proses boarding dengan menambah waktu boarding dari 1 jam sebelum keberangkatan menjadi 3 jam sebelum keberangkatan.

Baca Juga:   Harga Makanan di Jakarta Mahal? Siapa Bilang Coyy!!!

“Cara ini pun memperpendek antrean serta menghilangkan percaloan pada penjualan tiket KA,” ucapnya.

Pemberlakuan sistem check in dan boarding pass ini akan diberlakukan mulai Senin, 22 Februari 2016. Sebagai langkah awal, kebijakan ini baru akan berlaku di Stasiun Bandung. Karena itu, bagi penumpang KA komersial yang berangkat dari Stasiun Bandung, baik yang telah memiliki tiket resmi maupun baru mengantongi struk bukti pembelian tiket, harus check in dan boarding pass.

Bagi yang berangkat selain dari Stasiun Bandung, untuk sementara masih akan menggunakan mekanisme lama, tunjukin tiket dan ktp di pintu masuk.

Memang mantab pelayanan PT.KAI sekarang. Tak ada lagi jadwal kereta terlambat berangkat atau telat tiba di tempat tujuan. Yang ada, kereta tiba lebih cepat dari jadwal.

Hanya sayangnya, sekarang ada larangan bermalam di Stasiun. 😥 Ini berat bagi backpacker seperti saya. Di Stasiun Senen, jam 03.30 sudah diopyak-opyak untuk bangun.

Baca Juga:   Jadwal Pertandingan Piala Dunia Malam ini, 26 Juni 2014
image
Stasiun sekarang buerrrssihh pakek bangett

roda2blog di sosial media

10 Komentar

    • bisa klo pas ada kursi kosong gan.
      terutama untuk jarak antara.
      Misal kerete Krakatau jurusan Surabaya-Merak. Terus saya mau naik jurusan Madiun-Solo, itu dianjurkan beli tiketnya langsung aja, sebelum naik. Nanti dapet harga cuma 50rb. Klo pakek sistem booking kena harga full charge 200ribuan

  1. Sejak adanya tiket K.A. online saya jadi sering pulkam, kadang 2 minggu sekali paling lama 3 minggu. Cari tiket yg 90rb aja, lebih cepat sampai daripada naik bis, bonus bisa nginep di stasiun PSE karena nyampainya malam.

Tinggalkan Balasan