Suzuki All New Satria 150 FI : Kupas Tuntas Inovasinya Yang Bikin Makin Kencang

image

Intro
Suzuki akhirnya merilis versi terbaru dari motor ayam jago legendaris, Satria. Versi terbaru dari satria ini sudah dilengkapi dengan sistem injeksi. PT Suzuki Indomobil Sales 2W (SIS) memang sudah waktunya untuk regenerasi motor yang menjadi tulang punggung penjualannya.

Apalagi sejak Honda meluncurkan produk yang mirip bernama Sonic 150. Dan Yamaha juga melakukan merebranding MX menjadi MX king dengan mesin 150cc menantang Satria. Meski Suzuki sendiri sempat melakukan perubahan minor dalam bentuk versi facelift, namun hal itu nyatanya tak terlalu menolong. Hingga akhirnya lahirlah Suzuki Satria FU Injeksi versi injeksi yang mengusung beberapa inovasi pada mesin dan desain agar tampil lebih beda.

Dengan pede, Mitsuru Tachikawa, Chef Enginer Suzuki berani mengklaim bahwa Satria lebih cepat dari dua kompetitornya di kelas bebek hyper-underbone. Beberapa perubahan di Satria versi Injeksi ini antara lain konsol meter full digital, LED lamp, shuttered key, sasis baru dan beberapa komponen mesin yang membuatnya makin ngacir.Suzuki ingin Satria tetap yang terkencang di kelasnya.
image

Desain tambah keren dan ada Tambahan penting Storage Space.
Masih mengusung konsep desain yang sama, yaitu bebek underbone. Tapi Satria memiliki keistimewaan yaitu berupa box serbaguna di bagian tengah. Adanya box ini membuat bagian tengah Satria Fi lebih padat berisi. Dengan desain fairing yang agresif, satria Fi  tampil lebih keren.

Headlamp Suzuki Satria F150 Injeksi lebih lebar daripada Satria Karbu, tapi secara kesuluruhan desainya mirip kok. Jadi aura legendaris satria masih mudah dikenali. Menurut pandangan saya pribadi, desainya mirip banget dengan wajah kamen raider bro. Untuk peneranganya mengandalkan lampu LED yang menjamin sinar cahaya lebih terang di malam hari.Secara tampang, Satria FI jauh lebih cakep dari Satria Karbu. Yakin tenan bro.
image

Baca Juga:   WSBK 2014: Ducati kembali, akankah sukses mendongkel kejayaan Kawasaki Ninja

Konsol Speedo Mater Full LCD dengan Backlight warna Orange.Bagi pecinta Suzuki, model speedometer dari Satria ini akan mengingatkan pada motor legendaris Suzuki FXR150cc. Speedometer Satria memeiliki konsep yang sama full LCD. Tombol notifikasi RPM juga masih dipertahankan sebagaimana yang ada pada Satria FU. Fungsi tombol ini untuk memberi peringatan pada pengendara kapan harus ganti perserneling gear sesuai dengan mode yang dikehendaki, eco atau powerfull?. Teknologi ini mirip dengan yang ada di motor-motor gede seperti Ducati.

Menggendong Mesin Baru Dengan Pendingin Radiator dan berikut poin penting perubahanya.

1. Pembakaran menggunakan sistem Injeksi.
2. Pendingin menggunakan air/Radiator tidak lagi menggunakan pendingin Oli.
3. Starter lebih responsif tanpa jeda stator, sekali pencet langsung nyala, mirip dengan yang ada pada moge Suzuki GSX-R1000.

Dan berikut ini perubahan Suzuki Satria FI Injeksi pada daleman mesinya:
1. Stator Coil
Koil milik Satria Injeksi berubah lebih banyak menjadi 12 kutub sedangkan pada Satria Karbu hanya 8 kutub.Karena jumlah kutubnya lebih banyak daya magnet menjadi lebih kecil dan putaran lebih ringan sehingga bisa menghasilkan listrik yang lebih besar.

2. Kruk AS lebih kecil.
Diameter bandul Satria Injeksi hanya 103mm/lebar19mm sedangkan punya Satria Karbu 110mm dengan lebar 20mm. Bentuk web kruk as gak lagi bulat, tapi oval, tujuanya untuk mengurangi bobot sehingga sehingga putaran kruk jadi lebih ringan.

3. Valve lebih besar.
Satria Injeksi Klep in 24mm/Klep Ou 4,5mm.

4. Blok Silinder berubah, tanpa sirip angin dan dibekali teknologi SCEM.
SCEM adalah singkatan dari Suzuki Composite Electro-chemical Material. Bahan SCEM Suzuki ini diyakini lebih baik dari Diacyl milik Yamaha. Sektor dapur pacu ini memang harus lebih dari sekedar kuat. Karena Power yang dikejar dari oleh Suzuki Satria sangat besar, 18.2 HP dengan RPM sampai 10.000. Jauh lebih besar daripada motor-motor 150cc lain produk Jepang. Jika enggak kuat bisa gampang protholl.

Baca Juga:   Mabuk Saat Kopdar, Biker Vixion Terkapar Di Trotoar

image

Warna dan Harga.
Suzuki Satria Injeksi tersedia dalam 4 pilihan warna dan 1 warna livery edisi MotoGP. Sedangkan untuk harganya dikisaran 20-22 juta tergantung pajak BBN wilayah ente sob.

Prediksi:
Walaupun bermodel bebek ayam jago yang identik dengan anak muda. Tapi untuk Satria Injeksi ini cocok juga bagi eksekutif muda. Dengan adanya box serbaguna, fitur fungsional ini menambah daya tarik motor ayam jago ini. Suzuki Satria ini cocok jadi toys buat kaum adam berjiwa boys.

Performa:
Sedangkan saat dimodifikasi untuk potensi power besar Suzuki Satria Injeksi benar-benar mencengangkan. Seperti contohnya Satria milik tim Suzuki Galesong Makassar. Saat tes dino pada Satria Injeksi yang diproyeksikan turun di Balapa MotoPrix Region 5 Kelas MP5 cukup mencengangkan. Tembus 19.8dk dengan putaran RPM 12.148. Sedang Torsinya dapat angka 12.3nm dengan putaran 10.935.

Naiknya gak main-main sob, saat kondisi masih perawan standar ting-ting. Sebagaimana test dino Ultra Speed Racing, power orisinil Satria Injeksi “hanya” 16.54dk. Padahal dengan angka segitu, itu sudah cukup jauh melampaui performa Honda Sonic yang hanya dikisaran 14dk.

wp-1457192750375.jpg

Klik disini untuk hasil Dino Suzuki Satria Injeksi, versi standar dan versi racing untuk arena motoprix.
http://roda2blog.com/2016/03/06/suzuki-satria-150-injeksi-powernya-tembus-19-8hp-sobb/

 

roda2blog di sosial media

2 Komentar

Tinggalkan Balasan