Rem Mendadak, Avanza Terguling Masuk Parit. Mungkin Beda Cerita Jika Mobilnya Pakai Rem Sistem ABS

image

Sebuah kecelakaan terjadi di Sugihwaras, Jenu l, Tuban. Kejadian pukul 15.30 WIB tadi sore.  Kronologinya, Avanza melaju dari barat ke timur beriringan dengan kendaraan lain yg tidak diketahui jenisnya. Waktu kendaraan itu ngerem mendadak, Avanza kaget dan menghindar ke kanan. Karena kecepatan tinggi, masuk ke parit.

Iptu Nungki Sambodo – Kanitlaka lantas Polres Tuban mengatakan kecelakaan tunggal Avanza B 1645 KFE. Pengemudi atas nama Ambar N warga Baureno, penumpang 8 orang. Korban luka berat penumpang Avanza atas nama Suhadak. Sudah dibawa ke RS NU Tuban. Lainnya hanya luka ringan.

Andai ada sistem ABS (Anti-lock Braking System) mungkin ceritanya bisa beda. Apa sih sistem pengereman ABS itu?

Pada saat melakukan pengereman mendadak, di kecepatan tinggi atau saat jalan licin setelah diguyur hujan. Tentunya anda akan kesulitan dalam melakukan pengereman mendadak. Roda menjadi terkunci dan mobil susah untuk dikendalikan. Sehingga laju arah mobil menjadi liar.

Baca Juga:   Banyak Promo Menarik di Honda Sport Motoshow Jogjakarta

Sistem ABS/anti-lock braking bisa membantu saat dalam melakukan pengereman mendadak seperti kasus Avanza di atas, mencegah mobil terpelanting atau selip atau bergerak liar ketika pedal rem diinjak mendadak.

Cuma sayangnya, fugsi rem ABS ini tidak banyak diaplikasikan pada mobil-mobil di Indonesia terutama mobil MPV low budget. Bahkan di beberapa versi terbaru mobil saat diluncurkan pertama kali bersistem ABS malah di versi terbaru tidak memakai ABS. Contohnya Suzuki Ertiga.

Bagaimana cara mengecek apakah sistem ABS pada mobil kita berfungsi atau tidak? baik atau perlu diservis?

Jalankan mobil 70 – 80 kilometer, usahakan cari jalan lurus dan sepi. Kemudian tekan pedal rem secara kuat dan jaga agar kaki jangan diangkat dari pedal rem. Saat menginjak pedal rem,  rasakan di kaki, apakah ada lontaran atau getaran balik dari pedal rem? Jika ada lontaran atau getaran balik dari pedal rem yang dirasakan di kaki, artinya rem ABS berfungsi dengan baik dan normal.

Baca Juga:   Lagi, Akibat Rem Blong Honda Vario Tabrak Mobil Di Jalan Tembus Sarangan

Sistem ini, sudah diterapkan sejak lama terutama untuk mobil atau motor di arena balapan untuk meminimalisir tabrakan. Tanpa sistem ABS ini, pembalap dan pengemudi professional, juga mengalami kesulitan dalam mengendalikan mobil, jika melakukan pengereman mendadak.

Di jalan raya, terutama Indonesia yang penuh sepeda motor kemungkinan terjadinya pengereman mendadak sangat besar. Kebanyakan pengemudi di jalan raya, lebih sering menghindari melakukan pengereman mendadak dan memikih banting setir yang justru lebih berbahaya.

.Artikel menarik lain:
– Toyota Setsuna, Mobil Kayu tercantik di Dunia

roda2blog di sosial media

12 Komentar

  1. all new avanza, ABS dan air bag sudah menjadi fitur standart.
    beda dengan tipe terdahulu dimana ABS hanya hadir tipe tertinggi yaitu Type S dan Veloz.
    Mobilio pun hanya menyematkan ABS di type E cvt dan RS.

    beginilah kl regulasi belum mengatur, fitu fitur keselamatan hanya menjadi gimmick selling. dimana baru dipasang ketika persaingan semakin sengit.

1 Trackback / Pingback

  1. Profil Spesifikasi dan Harga Yamaha Nmax | roda dua blog

Tinggalkan Balasan