Cara Mengatasi Shockbreker Yamaha NMax Yang Keras Dengan Cara Potong Bantalan

sekok yamaha Nmax
foto: FB Mahenk Lesmana

Bagi sebagian pemiliknya, karaktek shock breker belakang milik Yamaha Nmax terasa kurang nyaman bantingan, terlalu keras. Sedang bagi biker lain, norma merasa kalau hal tersebut masih normal atau wajar. Ya harap dimaklumi, karakter orang berbeda-beda termasuk juga persepsi pada rasa bantingan shock Yamaha Nmax.

Bagi yang merasa keras dan mengganggu. Sudah banyak cara yang ditempuh, ada yang mengganti dengan shock aftermartket yang dijual bebas di pasaran dari berbagai merek, dari yang branded sampai merek sebelah. Ada yang juga yang cukup membawa ke tukang sekok untuk disetel ulang, maka hasilnya juga beress. Tapi ada juga tips ekstrim berikut ini yang juga banyak sudah dipraktekkan oleh para pengguna Yamaha Nmax.

Yaitu memotong plastik bantalan per dibagian bawah sekok / shockbreker bawaan motor Nmax. Tujuanya biar bantinganya jadi lebih lembut. Berikut ini tips Bro Mahenk Lesmana untuk mengatasi shock belakang Nmax yang keras. Ini langkah step by stepnya:

1. Ambil penggaris dan pisau, Ukur 1 cm dari ujung atas shock, beri tanda dengan pisau melingkar. Berat badan bro mahenk 70kg, jika berat anda lebih banyak sebaiknya ukuran dikurangi

2. Ambil gergaji besi/gergaji paralon, gergaji melingkar, tidak keras, seperti nggergaji paralon, jika terasa menyentuh logam jangan teruskan.

3. Setelah digergaji keliling, gergaji lagi menyerong seperti gambar, di 2 sisi yang berlawanan, supaya bisa dicongkel plastik yang akan dibuang tersebut.

4. Congkel dengan obeng, plastik yang dibuang tersebut.
Ulangi untuk shock satunya lagi.

Bagaimana testimoninya, menurut doi. Hasilnya luar biasa. ini kata komentarnya setelah dipakai
“Review tadi pagi berangkat kerja Waru-Jagir, tikungan depan Cito dicoba miring, aman… Jalan Jemursari yang Lurus, Panjang, Kombinasi Halus dan Bumpy (bumpy kecil dan bumpy besar), dihajar dengan kecepatan 70-90, pas banget karakternya bagi saya. Ini adalah karakter shock terbaik bagi saya diantara shock ori standar, shock Skywave, dan shock Ride-It. Mungkin hanya bisa dikalahkan oleh Shock after market yang diatas 1 juta.” 
(I’m so satisfied)
Semoga bermanfaat.
Saya sampai nggak percaya, 1 cm tersebut menyelamatkan ginjal saya…

Tapi beliau juga ngasih nasehat nih gan, 
“mungkin ini tidak disarankan oleh pabrikan (pabrikan menyarankan untuk beli shock baru yang versi empuk) , cocok buat saya belum tentu cocok buat orang lain, jadi resiko mohon ditanggung masing-masing ya… Hehehe”

Pengalaman enak di atas ternyata juga dialami oleh rider- rider Nmax lain yang sudah mengaplikasikan cara potong ini. Hasilnya juga sama, bantingan jadi lebih lembut dan maknyuuss.

Sekok yamaha Nmax dipotong

Ada juga yang memotong bantalan plastiknya, lalu mengganti bagian pernya dengan per milik Honda Supra.

12794396_10205148809350854_6697100246505919557_n
Foto: FB Widoyo Dariarto

Soo sekali soal sekok yang bantinganya keras ini, menurut IMHO (In My Humble Opinion) bukan merupakan cacat produksi. Tapi memang ya karena si Nmax ini sasaranya ke sport riding, dan motor-motor sport memang rata-rata bantingan sekoknya keras. Ambil contoh seperti Yamaha Byson.

Kok ada rider yang merasa sangat terganggu dan ada yang merasa oke-oke aja? Ya karena soal urusan shockbreker atau biasa saya sebut sekok (bahasa jawa timuran) ini mirip dengan urusan persepsi. Jadi ya tergantung selera masing-masing, ada yang memang seleranya musik cadass maka ya suka ndengerin musik rock. Ada pula yang yang sukanya musik mellow nostalgia, sukanya dengan Broery Marantika. Semoga bermanfaat.

 

roda2blog di sosial media

6 Komentar

Tinggalkan Balasan