Situs Megalitikum Selo Jolotundo Ponorogo, Luar Biasa

image

Ternyata di Ponorogo ada obyek situs Megalitikum yang mirip dengan Gunung Sadahurip Garut. Sekedar mengingatkan, Gunung Sadahurip diyakini merupakan peninggalan sebuah piramida kuno di Kabupaten Garut oleh beberapa kalangan.

Meski kajian ilmiah dan penggalian arkeologis tak bisa membuktikanya. Selain karena bentuknya yang mirip piramida, di sana juga ditemukan batu- batuan peninggalan zaman megalitikum.

Ternyata di Ponorogo juga terdapat peninggalan zaman megalitikum. Zaman Megalitikum ditandai dengan tradisi megalitik yaitu bentuk- bentuk praktik kebudayaan yang dicirikan oleh pelibatan monumen atau struktur yang tersusun dari batu-batu besar (megalit) sebagai ciri utamanya.

Di Indonesia tradisi megalitik tidak mengacu pada suatu era peradaban tertentu, namun lebih merupakan bentuk ekspresi yang berkembang karena adanya kepercayaan akan kekuatan magis atau non-fisik dan didukung oleh ketersediaan sumber daya di sekitarnya. Sempat meluas pada masa pra Hindu- Buddha sekitar tahun 500M.

Di Ponorogo, situs megalitikum ada wilayah Karangpatihan Jambon. Dekat dengan lokasi Gunung Beruk. Rutenya, perempatan Balong ke Barat ke arah karangpatihan.

Baca Juga:   Romusha, Kerja Paksa Soekarno untuk Jepang yang membunuh 300.000 Jiwa

Batu- batu besar terusun rapi sebagai tempat ritual. Masyarakat sekitar sudah mendapat susunan batu -batuan tersebut sejak lama dan tidak mengetahui sejarahnya. Hanya saja memang masih digunakan sampai saat ini untuk bersemedi oleh orang- orang yang tirakat.

Lokasinya sungguh menakjubkan, batu-batu besar tersebut terususun rapi di atas puncak gunung. Gak habis pikir bagaimana caranya. Berikut foto-foto tentang obyek wisata Situs Megalitikum Selo Jolotundo Ponorogo

image

image

image

image

image

image

Tempat-tempat menarik nan romantis di Ponorogo
 Desa Wisata Pagerukir
–  Jalan-jalan nikmat di Hutan Pagerukir
– Gunung Gajah Ponorogo, Puncak Selatan Bumi Wengker Ponorogo
– Sunset di Tumpak Pelem Ponorogo
– Pudak, Jalan buntu Ponorogo
– Candi Sukuh, Piramida Jawa
– Dolo, dari Pulung menuju puncak willis di Trenggalek-Tulungagung
– Gajah ketika musim kemarau
– Air Terjun Plethuk Ponorogo
– Tersesat di jalan saat testride Honda CB150R

roda2blog di sosial media

1 Trackback / Pingback

  1. Video Nekad Gaspoll ke Gunung Megalitikum Jolotundho Ponorogo - roda dua blog

Tinggalkan Balasan