Cara Cerdas MPM Honda Ganyang Yamaha Di Jawa Timur, Launching CBR yang diundang Klub Yamaha

 

Penjualan Honda di wilayah Jawa Timur memang menggila. Total Honda menguasai pangsa pasar motor 85%.  Salut untuk soliditas tim work bagian marketingnya.

Hal tersebut sebenarnya juga didukung ke”aneh”an sistem distribusi Yamaha. Area distribusi Yamaha untuk Jawa Timur dibagi dua. Bagian barat mulai dari Karesidenan Kediri dan Karesidenan Madiun ikut main dealer wilayah Jawa Tengah. Selebihnya ikut ditangani oleh main Dealer Surya Sakti Surabaya. po ra edyann????

Walhasil MPM Motor selaku main dealer Honda di Jatim bisa dengan mudah melibas Yamaha sampai tuntas. Ya dari matik, bebek sampai motorsport jagoanya (baca Vixion) sukses ditumpas. Kabar terbaru pangsa  motor Honda di Jatim sudah tembus 90%.

11988319_10154181558479119_646226308216865401_n

Saya mencatat ada dua kelebihan MPM dalam upaya promosi launching suatu produk.
pertama, Totalitas Acara dengan konsep melibatkan semua anggota keluarga meski artis bintang tamunya gak menarik tapi tetap rame.

Dalam setiap launching produk baru, komsep tema acaranya adala happy family. Yang dibidik utamanya adalah kaum hawa, ibu-ibu, remaja putri dan anak usia dini. Biasanya acaranya terdiri dari ini:
1. Lomba Mewarnai usia TK
2. Lomba Memasak
3. Lomba Dance

Lalu acara untuk kaum adamnya
4. Basket 3on3 atau mini Futsal atau malah cuma lomba karambol
5. Pentas Dangdut paling juga cuma Orkes Melayu Lokal, seperti New Pallapa atau Monako :mrgreen:

Dorrr 3 acara di atas sangat pas tepat sasaran. Sejak usia dini anak sudah dikenalkan dengan Brand Honda. Anaknya ribut mewarnai, ibu-ibunya sibuk ikut lomba memasak. Remaja putrinya ikut lomba Dance. Para kaum bapak, gak usah dikasih kegiatan juga udah seneng kok. Cukup melototin aja. :mrgreen:

Pokoke totalitas acara jika melaunching produk, MPM memang patut diacungi Gempol.

jadi juri
niat mau nonton malah ditodong jadi juri lomba masak 😀 launching Beat FI

Nagh yang kedua, MPM selalu mengundang klub motor berbasis Yamaha jika melaunching produk baru. Pertama saat test ride CBR150 Thailand di Sirkuit Kenjeran (alm.) beberapa tahun silam. Saya kaget, lho kok yang hadir banyak juga dari Klub Scorpio, Byson dan Vixion. Wedyann tenann.

Sama juga saat launching All New CBR150 sekarang ini. Ada acara bertajuk Test ride khusus klub dan Coaching Clinic New CBR150 dan yang diundang Klub R15.

Jadi sangat wajar jika Jawa Timur dikuasai motor Honda. Totalitas MPM sebagai main dealer, hanya dihadapi setengah kekuatan oleh Yamaha. Terutama di wilayah Jatim Barat, Madiun-Kediri.

Tiap kali melihat promo iklan Yamaha bawaanya selalu sakit hati. contohnya: beli R15 dapat gratiss jaket eksklusif wilayah Jawa Timur, kecuali area Karesidenan Kediri dan Madiun. Dan tetot… area Karesidenan Kediri/Madiun sangat minim promo begituan. Pas konsumen datengin dealer nunjukin iklan promosi di jawapos selalu dijawab:
“Maaf mas itu wilayah Jatim aja?!”
“Lha da lahhh lha mbok kiro Kediri-Madiun melu propinsi Jakarta po piye???”

roda2blog di sosial media

2 Komentar

Tinggalkan Balasan