Khas Motor Honda, Saat Laris Dicaci Maki, Ketika Mati Laris Dicari

 

Honda adalah produsen sepeda motor terlaris dan mungkin yang terbaik dalam memperhatikan kelangsungan produknya. Mungkin banyak yang protes atas teori tersebut. Tapi faktanya memang demikian. Bahkan yang tidak laris manis pun, saat sudah disuntik mati malah harga bekasnya meroket karena jadi laris manis.

Ambil contoh Honda CS1. Boleh disebut motor ini kurang laris. Tapi setelah tidak diproduksi lagi. Harga bekas justru meroket. Pernah di suatu forum jual beli, ada yg jual Honda CS1 2008 warna gold. Dibandrol 8juta, lha kok malah lakunya 12juta. Para penawar di kolom komentar, bukanya menawar mengurangi harga malah menambah.

image

Lalu Honda Tiger, si macan ini saat laris dicaci maki karena rantai berirama kemrosyok dan tanki bocor. Setelah tak diproduksi lagi, harga bekasnya malah berkibar naik daun. Didukung lagi maraknya drag 1200M. Yang mana penguasanya adalah Honda Tiger. Walhasil harga bekas Tiger meroket.

Baca Juga:   Setelah Membeli Anjing Pitbul seharga 9 Rupiah, Pria Ini diserang si Anjing sampai kepalanya putus

Lalu Honda New Megapro Karbu. Seri mesin GL150 ini paling favorit bagi penghobi motocross. Banyak pemilik  motor trail Kawasaki KLX yang rela merogoh kocek membeli gelondongan mesin GL150 untuk dicangkok ke KLX. Selain torsi yang lebih melimpah, kampas kopling GL150 juga lebih awet dibanding KLX150 standard.

Motor-motor bekas produksi Honda mampu mengisi setiap celah/niche pecinta motor. Mulai dari yang suka drag sampai klasik. Wajar bila sampai sekarang popularitas Honda di motor bekas sangat digandrungi, dari era Honda s90 sampai Honda Beat.

image

Ambil contoh motorsport Honda Astra s90 yang diproduksi tahun 1960-an. Harga bekasnya jauh lebih baik dibandingkan motor Yamaha L2 yang diproduksi tahun 1970-an. Bisa 4kali lipat lebih mahal.

Baca Juga:   Selain Tilang, Polisi Juga Sita Lampu Rotator Milik Klub Pajero¬†

Salah satu kelebihan dari Honda adalah common part. Misalnya klep milik Honda Tiger dengan sedikit oprekan bisa masuk ke mesin GL100.

Bagi fans Yamaha ini disebut pembodohan, blass gak ada inovasinya.

Tapi bagi fans Honda, ini adalah kelangsungan dari riset mesin. Bahwa riset yang bagus adalah menghasilkan motor baru tanpa melupakan pengembangan bagi motor yang lama.

roda2blog di sosial media

6 Komentar

  1. ngoahahahaha.. cs1 e adekku jarang dinggo saiki, krungu-krungu pengurangan armada meh enek sik didol, mbangane cs1 kudu dikorbankan arep tak gowo ning rantau wae.. eman eman je.. :mrgreen:

Tinggalkan Balasan