Honda Giorno Cub, Skuter Bermesin Bebek Yang Unik

 

 

Sekilas Honda Giorno ini persis banget sama Vespa. Tapi jika diperhatikan secara detil, lha kok mereknya Honda. produk ini adalah eksperimen skuter matik yang dilakukan oleh Honda di Vietnam. Harapanya, jika Giorno sukses di Vietnam bakal dipasarkan secara luas di ASEAN. FYI, di tahun 2000 pabrikan jepun berlomba-lomba membuat motor skuter yang sesuai dengan selera orang ASEAN.

Di wilayah ASEAN, selera dan identifikasi pada sosok skuter berbeda dengan belahan dunia lain. Mereka tidak suka skuter yang memiliki diameter roda kecil dan body seperti Vespa. Makanya produk skuter Kymco yang pertama kali masuk ke Indonesia kurang diminati karena mengadopsi model seperti itu.

Baca Juga:   Jadwal MotoGP Jerez Spanyol

Dan ternyata, Yamaha lah yang pertama kali berhasil membuat skutik yang sesuai dengan selera orang ASEAN, yaitu Yamaha Mio yang sekarang konsepnya ditiru pabrikan lain. Sedangkan konsep ala skuter bermesin bebek, Honda Giorno ini akhirnya disuntik mati.

Kapasitas mesin Honda Giorno hanya 50cc. Walau berbentuk skuter, ternyata dia bermesin bebek sob. Skuter ini diproduksi antara tahun 1990-2000 di Vietnam.

Honda Giorno Cub skuter

Perhatikan detailnya sob, walau memiliki footrest datar ala skuter. Tapi karena mesinya berjenis “cub” bebek. Honda Giorno tetap memakai tuas oper gigi. Lucu aja jadinya, wah pasti ribet tuh.

Honda Giorno Cub 1999

Panel Speedo meter milik Honda Giorno juga sederhana, hanya ada tampilan odometer, informasi fuel tank dan speedo meter yang top speednya di speedo cuma 60KM/jam. Enggak lebay, beda sama di Indonesia, motor bebek mesin 100cc tapi speedometernya memiliki angka top speed sampai 140KM/Jam. :mrgreen:

Baca Juga:   IMOS 2018 Berakhir, Honda PCX dan Vario Jadi Motor Terlaris Honda

speedometer Honda Giorno

Modelnya memang cakep, tapi karena mesinya masih pakai penggerak rantai. Ya motor ini akhirnya disuntik mati ketika demam Yamaha Mio mewabah di seantero ASEAN. Saat ini, Honda Giorno malah ramai diburu para kolektor.

Honda Giorno vietnam

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan