Jogja Lasik Centre, Pusat Operasi Lasik Mata di Yogyakarta

image

Pengalaman operasi di, Jogja Lasik Centre, Pusat Operasi Lasik Mata di Yogyakarta. Merupakan salah satu layanan khusus dari Rumah Sakit Mata Dr. Yap. Diperuntukkan bagi penderita minus agar tidak perlu lagi menggunakan kaca mata.

Lasik ( Laser In-Situ Keratomileusis) merupakan salah satu prosedur dari Bedah Refraksi yang bertujuan untuk memperbaiki tajam penglihatan seseorang dengan mengubah  bentuk (membentuk kembali) kornea sehingga sinar datang sejajar kedalam bola mata difokuskan tepat di retina dan tidak diperlukan lagi pemakaian kacamata maupun lensa kontak.

Berikut ini beberapa syarat dan prosedur dari preses bedah Lasik ini.

Persyaratan Calon Pasien
· Penderita berumur 18 tahun keatas
·  Kelainan refraksi mata stabil dalam kurun satu tahun terakhir
·  Mata dalam keadaan sehat
·  Tidak memakai soft lens minimal 14 hari berturut-turut, atau tidak memakai hard lens selama 30 hari
·  Bersedia kontrol ulang setelah tindakan dilakukan.

Prosedur Tindakan
Pelaksanaan operasi tidak lebih dari 10 – 15 menit, tidak menimbulkan rasa sakit bagi penderita, dan paparan sinar laser tidak lebih dari 30 detik. Tindakan ini tidak memerlukan rawat inap di rumah sakit. Tindakan dilakukan dengan pembiusan lokal, sehingga pasien tetap sadar.

Persiapan PASIEN
· Kesehatan mata pasien akan diperiksa oleh dokter mata
· Data pasien akan dimasukkan ke dalam komputer dan secara otomatis komputer akan memproses besarnya kelainan refraksi yang bisa diperbaiki dengan menghitung banyaknya sinar laser yang diperlukan.
· Sehari sebelum dilakukan tindakan operasi diharuskan tidak menggunakan cream, lotion, make up atau parfum yang dapat mengganggu kerja dari sinar laser, atau jika menempel di sekitar bulu mata dapat mengakibatkan infeksi.

Tata cara tindakan
· Penderita akan ditidurkan di meja operasi, dan diminta untuk melihat sinar merah diatasnya selama tindakan berlangsung.
· Dibuat flap kornea dengan pisau mikrokeratom setebal 130-160 micron ujung flap disisakan sebagai engsel, flap dapat dibuka sehingga kornea bagian tengah lapisan epitel terpisah dengan stroma.
· Dilanjutkan dengan penembakan sinar laser dingin, sehingga sinar tidak membakar atau merusak jaringan sekitarnya. Selama tindakan ini pasien akan mendengar bunyi alat laser dan bau jaringan terbakar.
· Flap kornea akan ditutup kembali
· Mata akan ditutup dengan dop.

Baca Juga:   Alasan Gerry Salim Diizinkan Balap Lagi Di ATC 2017

Biayanya?

 

image
Jogja Lasik Centre, Pusat Operasi Lasik Mata di Yogyakarta

Total biaya dengan biaya penginapan dan kontrol, kurang lebih 17 juta rupiah.

Lokasi?
Klinik Jogja Lasik Centre berada dalam satu komplek Rumah Sakit Mata Dr.Yap Jogja. Jalan Cik Ditiro, Kota Jogja. Berdekatan dengan gedung rektorat UII Jogja, Gedung Pusat Muhammadiyah, dan Ruma sakit Panti Rapih. Searah dengan bundaran Kampus UGM.

Tapi berbeda meja pelayananya.
Bagi pasien yang menghendaki untuk di-lasik langsung menuju klinik Lasik di di sebelah selatan gedung utama Dr.Yap. Ada tulisanya Jogja Lasik Centre. Mulai buka pendaftaran jam 7 pagi. Tapi sangat disarankan untuk daftar 1 minggu sebelumnya. Maklum, biaya lasik di sini, termurah di dunia. 🙂 pasienya juga banyak dari Malaysia.

Prosedur Operasi.
Tindakan bedah/ Operasi LASIK mata di RS. Dr. Yap hanya dilakukan pada hari Kamis saja. Dari jam 7 pagi sampai selesai. 1 Pasien biasanya membutuhkan waktu 15 menit lalu harus menunggu di ruang sterilisasi selama 30 menit.

Setelah operasi, pasien diharuskan untuk kontrol setelah 1 hari setelahnya (hari Jumat) untuk evaluasi dokter apakah lasik-nya sukses atau tidak. Karena ada prosedur ini, pasien luar kota Jogja diharuskan menginap. Baik di rumah sakit atau di hotel/guest house terdekat dari ruma sakit.

Pra Operasi Lasik Mata
Untuk Lasik diharuskan untuk dilakukan observasi kepada calon pasien oleh dokter spesialis. Bila tak salah ada 3 dokter spesialis.
Dokter spesialis syaraf mata
Dokter spesialis kornea mata
Dokter spesialis … saya lupa :mrgreen:
Anda harus daftar 1 minggu sebelumnya, jika tidak akan antri bareng pasien reguler, bisa gawat soob.
Untuk biasa observasi pra operasi ini sekitar 2 juta sudah termasuk obat yang akan dibawa pulang oleh calon pasien yang harus dikonsumsi sebelum dibeda lasik.

Perawatan Paska Operasi Lasik Mata
Hari pertama paska Operasi cukup berat perawatanya. Setiap 1 jam, mata yang dioperasi harus ditetesi obat untuk menjaga kelembaban mata. Kecuali bila pasien bisa tidur tenang, tidak ditetesi tidak apa-apa.

Baca Juga:   Beli Honda Jazz, Ada Cicilan 800ribu Per Bulan

Apakah sakit?
Tergantung fisik pasien. Setelah operasi ya bakal pedih, jika pasien bisa menahan rasa sakit ya gak apa-apa. Jika terus menangis ya harus sabar yaa.

Selama 3 bulan paska operasi
Sangat dianjurkan agar mata tidak terpapar sinar matahari. Dari rumah sakit sudah dibekali dengan kacamata anti sinar UV. Tapi sebaiknya ya tetap pakai pelindung lebih seperti kerudung atau topi daripada sekedar kacamata untuk hasil lebih optimal.

Kontrol dokter setelah operasi 
Setelah operasi lasik, harus kontrol 6 kali ke Jogja Lasik Centre. Hitunganya,
Kontrol ke – 1 … 1 Hari setelah operasi untuk melihat hasil lasik
Kontrol ke – 2 … 1 Minggu setelah operasi untuk melepas lensa mata
Kontrol ke – 3 … 1 bulan setelah operasi untuk kontrol
Kontrol ke – 4 … 1 bulan setelah kontrol ke -3
Kontrol ke – 5 dan 6 …. bisa ke dokter mata terdekat di kota anda.

Tidak dikenakan biaya apapun selama kontrol. Hanya saja, pada kontrol ke-2 , ke-3 dan ke-4 harus membeli obat / sudah gak gratis lagi. Kurang lebih sekitar 600rb-700rb, hanya obat tetes mata, antibiotik, vitamin dan …. saya lupa :mrgreen:

Hasil Operasi Lasik Mata
Alhamdulillah adik saya sudah tidak menggunakan kacamata lagi. Awalnya adik saya memakai minus -13/kanan dan -5/kiri. Setelah dioperasi, yang kanan sisa -3 dan yang kiri jadi 0/normal.

Lho kok tidak jadi 0 semua? 
Sebagai informasi, jika -minus sudah parah seperti adik saya, memang susah untuk bisa jadi 0. Tapi lasik adalah upaya agar tidak lagi memakai kacamata. Dan Alhamdulilla adik saya sudah terbebas dari kacamata.

Pelayanan di Jogja Lasik Centre
Pelayanan di Jogja Lasik Centre ini sangat ramah, eksklusif tapi biayanya termasuk ramah dibanding di kota besar lain. Gedungnya sendiri walau berdesain kolonial tapi serasa seperti di Hotel dimana pengantar bisa duduk tenang sembari menanti operasi. Jika anda berani, juga ada TV yang menyiarkan secara “LIVE” tindakan bedah lasik.

semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

roda2blog di sosial media

11 Komentar

  1. ditunggu share biaya obat-obate ya om, soale dulu ada rencana kalo usianya sudah cukup adekku mau dilaser juga, minusnya sudah lumayan banyak dari kelas 2 SD kalo nggak salah udah pake kacamata..

  2. Mau tanya , untuk lasik saya buka web nya langsung ada 3 macam cara bedah nya. Apa untuk biaya disamaratakan? Soalnya postingan anda cuma 1 biaya ya?

Tinggalkan Balasan