Ducati Klaim Inovasi Winglet Sama Pentingnya Dengan Seamless

Pro kontra soal winglet masih berlanjut. Honda secara terang menyatakan ingin winglet dilarang karena dianggap membahayakan bagi keselamatan pembalap saat terjadi kontak antar badan.

Dilansir Autoevolution, Ducati sebagai pelopor winglet menganggap Honda tidak mendukung teknologi yang mereka usulkan. Polemik ini menurut Ducati kurang adil, karena di lain pihak mereka mendukung usulan Honda terkait teknologi seamless untuk perpindahan gigi dengan menggunakannya pada Desmosedici.

FYI, dengan adanya seamless gearbox balapan MotoGP tak ubahnya balapan motor matik.

“Ketika Honda mengembangkan transmisi seamless, tidak ada yang membantah perubahan besar itu. Bagi mereka, teknologi itu membawa keuntungan di trek dan semuanya menghargai. Kali ini kami ingin meminta cara yang sama,” tegas Kepala Ducati Corse, Gianluigi Dall’Igna.

Baca Juga:   Bukan Rossi, Tapi Marquez Sebut Musuhnya Dovizioso di Jerez Nanti

Tim HRC sendiri memang sempat memakai winglet di motor MM93 dan Pedrosa. Tapi karena terlambat pengembanganya, disinyalir Honda belum menemukan setelan yang pas untuk downforce dan malah menganggu aerodinamika motor.

Honda terlihat bingung soal setelan winglet yang pas. Letak winglet pun berbeda bila dibandingkan Yamaha dan Ducati. Honda meletakkan winglet di bagian fairing bukan pada bawah moncong.

image

image

Sedangkan Ducati yang lebih dulu ngembangin winglet, berhasil membantu pembalap mendapat gaya tekan (downforce) yang lebih besar di bagian depan saat akselerasi maksimum. Sayap pada fairing meminimalisir efek wheelie karena tidak adanya kontrol dari sofware dalam ECU.

roda2blog di sosial media

2 Komentar

Tinggalkan Balasan