Bocoran Dua Mobil Murah Toyota Cayla dan Daihatsu Sigra

Sudah bukan rahasia lagi bila grup Astra Mobil sedang menyiapkan mobil Low MPV. Mobil LMPV murah ini diberi label Toyota Cayla dan Daihatsu Sigra. Yang akan masuk ke dalam kategori low cost green car (LCGC) yang pasti hargabya cukup ekonomis. Dari bocoran NJKB-nya, duo LMPV ini akan dibandrol dibawah 150juta.

Duo Cayla – Sigra akan memakai platform yang sama dengan Ayla-Agya berpenggerak roda depan. Hanya saja sasisnya diperpanjang untuk menopang dan mengakomodasi penumpang di baris ketiga.

Dua mobil ini dirancang dengan basis fungsionalitas dan ekonomis. Karenanya tidak memiliki banyak fitur mewah untuk memanjakan penggunanya. Pihak produsen membuat paket mobil dengan spesifikasi yang sesuai harganya dengan harapan bakal bisa jadi mobil sejuta umat, seperti dua Avanza Xenia pada tahun 2003 lalu.

image
Foto: otomania.com

Hadirnya mobil ini tak terlepas dari laris manisnya mobil rival, Datsun Go+ Panca. LCGC 7 penumpang pertama.

Baca Juga:   Produsen Otomotif GAZ Asal Rusia Buka Pabrik di Vietnam

Sebagai nilai tambah, Astra Motor selaku pemegang merek Toyota dan Daihatsu, akan menambahkan 3 fitur yg menjamin kenyamanan penumpang di mobil kembar murah ini. Yaitu, AC Double Blower, Sabuk pengamanan di semua baris tempat duduk, dan dua airbag di kursi depan.

Di sektor mesin, kabarnya bakal ditenagai mesin 3NR-FE seperti milik Etios. Yang bakal disandingkan dengan teknologi dual VVT-i biar makin irit. Dengan dua pilihan transmisi yang ditawarkan, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Soal Harga dan Tipe?
Menurut bocoran dari samsat DKI. NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) untuk Daihatsu Sigra. Mulai dari 79 juta (D 1.0 MT) hingga Rp 106 juta rupiah (R 1.2 AT). Tentunya nanti akan ada biaya lain, sehingga harga jualnya lebih mahal sedikit di pasaran. Jadi ya kisaran 100-150juta. 😉

Daihatsu Sigra bakal terdapat 4 tipe yaitu D, M, X, dan R, dalam 6 varian berdasarkan aksesoris yg terpasang.

Baca Juga:   Harga Yamaha FreeGo Area Madiun Kediri. Matik Dengan Banyak Kemudahan

image

Untuk pilihan D dan M bakal dibekali mesin 1.000 cc 1KR-FE yg sama dengan Ayla dan transmisi manual. Sedangkan tipe X dan R hanya tersedia mesin 1.200 cc 3NR-FE Dual VVT-i dengan pilihan transmisi otomatis dan manual.

Sedangkan Toyota Cayla, kabarnya hanya akan tersedia dalam dua versi. E dan G dengan kapasitas mesin yg sama 1.200cc 3NR-FE.

Bila dibandingkan dengan mobil bekas bagaimana?
Dengan dana segitu, memang banyak mobil bekas yang menggiurkan. Sebut saja Nissan Serena atau Kijang Innova tahun 2005nan atau bisa juga duo kembar Xenia-Avanza tahun 2010an.

Yang perlu difahami, mobil-mobil tua tersebut menawarkan kenyamanan berkendara tapi ya nyaman di kantong untuk perawatan.

Sedangkan mobil LCGC nyaman di kantong pas beli barunya. Tapi ya kalah nyaman dibandingkan mobil-mobil tua.

roda2blog di sosial media

3 Komentar

  1. nyaman ga nyaman tergantung akhirnya yang dibeli apa… entah itu LCGC apa Mobil 2nd… karena akan menjadi kebiasaan… bahkan naik innova juga akan kalah nyaman sama naik mobil sendiri… lha innovanya cuma pinjem….

    btw punya innova ga ada enak2nya kok…. dikira supir kalo lagi nyetir sendiri… wkwkwkwkk… mending Yaris apa sekalian Fortuner… aman dari tuduhan supir…

1 Trackback / Pingback

  1. Harga Toyota Calya Cukup Menggiurkan - roda2blog

Tinggalkan Balasan