Viar Rilis Dua Motor Listrik, Viar Pulse dan Viar Q1

Viar Motor Indonesia menggebrak pasar otomotif dengan menghadirkan Viar Pulse dan Viar Q1. Dua produk tersebut adalah motor listrik terbaru mereka pada Arena Pekan Raya Jakarta, Kemayoran.

Menurut Marketing Communication Viar Motor Indonesia, Frengky Osmond, keunggulan utama motor listrik Viar Pulse dan Viar Q1 adalah Maintenance Free.
– Dua motor listrik ini tidak perlu service rutin,
– tidak bahan bakar bensin,
– tidak perlu ganti rantai, oli dan serta part seperti sepeda motor pada umumnya.

Hanya perlu pergantian kampas rem, ban dan aki. Dan tentunya listrik :mrgreen:

Bagaimana soal harga? jika dibandingkan dengan harga yang direncanakan skutik listik GESITS, ternyata tidak jauh berbeda. GESITS yang buatan Garansido Group dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini rencananya akan segera diproduksi secara masal pada tahun 2017 dan dapat segera dijual ke konsumen pada tahun 2018. Harga jualnya diprediksi tidak akan lebih dari Rp 20 juta. Soal legalitas di jalan raya juga gak perlu khawatir.

Baca Juga:   Motor Listrik Gesits Ditest Turing Jakarta Bali

“Kami bisa lengkapi skutik listrik ini dengan STNK, jadi tidak perlu khawatir untuk legalitasnya,” beber Frangky.

Meski murah bila dibandingkan motor listrik buatan Amerika atau eropah, bukan berarti murahan. Viar berani menempelkan berbagai fitur menarik di keduanya, seperti: panel speedometer yang mengusung model Digital lengkap informasi kecepatan, jarak tempuh dan battery indikator. Keduanya juga telah mengusung lampu Led (Light Emitting Diode)

Motor-Listrik-Viar-1-700x357
Viar Pulse dan Viar Q1 foto: otomotifnet

Kemudian di sektor keamanan kedua unit ini telah menggunakan piranti cakram depan dan belakang dan juga fitur keamanan dari maling, berupa alarm anti maling. Lalu sistem kuncinya juga cangging, ada fitur keyless start engine yang memudahkan pengguna menghidupkan motor ini tanpa menggunakan kunci kontak.

Untuk harga disinyalir yang Viar Pulse akan lebih mahal karena menggunakan batery mesin merek BOSCH dengan kapasitas sebesar 1200 watts. Sedangkan Viar Q1 lebih kecil, hanya dibekali power sebesar 800 watts.

Tapi untuk urusan top speed maksimum, Viar menjamin keduanya mampu melaju sampai 60KM/Jam. Dengan jarak tempuh sejauh 70-80KM. Adapun pengecesan 5jam untuk Q1 dari nol sampai full sedangkan untuk Pulse mencapai 7 jam. Nagh dua motor listrik ini baru akan tersedia akhir tahun 2016 di bulan Desember.

“Perbedaan terletak pada penggunaan jenis battery yang tertanam di kedua unit ini, untuk Viar Pulse menggunakan battery jenis VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dan Viar Q1 menggunakan battery jenis Lithium yang secara bobot lebih ringan sehingga pada pengetesan yang dilakukan oleh tim internal Viar, keduanya memiliki maksimum speed yang sama” jelas Frengky.

Lalu bagaimana soal durabilitas motor listrik ini? kalau kehujanan nanti nyetrum apa gak? Mogok apa enggak? Dijamin aman sob, Viar memberi garansi 1 tahun untuk bagian motor, controller, dan piranti kelistrikan. Viar juga mengatakan bahwa motor ini sudah diuji dengan bekerja sama dengan Perguruan Tinggi ternama di wilayah Jawa Tengah.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan