TVS Patenkan Sistem Pindah Gigi Otomatis Lewat Saklar

TVS Jive, Motorsport tanpa kopling yang dipasarkan di India

TVS Patenkan Sistem Pindah Gigi Otomatis Lewat Saklar. Hak paten ini sudah diajukan TVS sejak tahun 2009 tapi baru turun bulan Mei 2016 kemarin.

For Your Information, TVS sendiri sudah meluncurkan produk bernama TVS Jive yang untuk pindah gigi sudah seperti motor bebek, tanpa kopling. Nagh dalam patent terbaru yang didapatnya, TVS mendesain klo pindah gigi cukup memencet tombol saklar di setang layaknya mencet klakson.

Menurut blog Wheelstreet.in,  teknologi ini diberi nama semi-automatic manual transmission (SMT). Teknologi ini akan memberi kenyamanan dan kemudahan bagi pemotor dalam mengoper gigi persnelling. Kerja pedal gigi persnelling akan digantikan electromechanical actuator yang dalam pengoperasianya cukup pencet tombol saklar di stang. Semudah menyalakan lampu sein.

Baca Juga:   Rider Motor Suzuki Paling Mudah Tersulut Emosi

TVS menjanjikan bahwa fitur ini gak hanya bakal tersedia di motor roda dua, tapi motor roda tiga juga bakal mencicipi fitur ini.

Keuntunganya apa? TVS mengklaim klo dengan teknologi SMT ini juga bakal mengirit bahan bakar 2-5%. Mengurangi resiko slip kopling ataupun celana kesangkut tuas kopling dan tentunya menghemat umur sepatu bikers. :mrgreen:

 

6 Komentar

Tinggalkan Balasan