Hitungan Harga Jual Motor Matik Versi KPPU, 12 Juta Itu Masuk Akal Banget

Bocor-bocor dan bocor. Demikian kata mantan Capres Prabowo soal kekayaan Indonesia yang banyak bocor ke orang asing. Salah satunya ya soal harga jual motor yang kelewat mahal ini. Lho apa hubunganya?

Jadi begini mas  bro sis. Harga jual motor menurut KPPU hanya 12jutaan saja. Ternyata dijual lebih mahal 15jutaan. Ada selisih harga 3juta kelewat mahal. Nagh andai 3 juta itu dibelikan nasi goreng, penthol goreng, bakso goreng, siomay, ciplok, gandem dll.  Maka ya tentunya  keuntungan dinikmati oleh orang Indonesia dan uangnya berputar di dalam negeri Indonesia tercinta.

Tapi karena kartel harga, persekongkolan harga. Uang 3 juta itu ditelip dibawa ke Jepang, tanah asal Yamaha-Honda. Catat lagi, uang 3 juta murni keuntungan jadi ya langsung mak bless bocor ke luar negeri. Blas sama sekali gak nyangkut di dalam negeri.

Baca Juga:   Terobos Pengecoran Jalan, Warga Ponorogo Ini Viral di Medsos

 Ini artinya ada uang 3 juta rupiah bocor ke luar negeri. Dalam kacamata skala besar ekonomi makro. Daya beli masyarakat berkurang 3 juta. 

Gede banget itu, 3 juta klo jadi omset penjual cilok dalam sehari sudah sangat gede sekalii. 

Lha ini kok seenaknya saja mak jebuss ….. Ibarat orang lagi piknik di pantai anyer terus dikepruk harga beli ikan bakar, yang seharusnya 30.000/porsi jadi 60.000/porsi … kan esmosi too??? selisih 30.000 kan lumayan buat beli pulsa internet. 

Nagh berikut ini harga motor matik menurut hitungan KPPU. Dimana Honda dan Yamaha dituduh mengambil keuntungan terlalu banyak. 

Hitungan harga jual vesri KPPU. Gambar: triatmono.info

Ya menurut hitung-hitungan di atas. Kok rasanya ya masuk akal banget lahh. Soal perbedaan biaya kirim, kan selama ini memang harga jual motor sudah menyesuaikanya. Misal di Papua harganya jelas lebih mahal dibanding di Jawa. Ya to?

Baca Juga:   Baru Dirilis, Kawasaki Z900 Ludes Terjual

Lha terus bagaimana soal Bea Balik Nama dan Pajak. Nah itu sudah ditulis oleh KPPU kisaranya hanya 1juta. 

Jika misal ternyata nanti memang betul tuduhan KPPU terbukti. Dan Honda-Yamaha harus menjual lebih murah. Terus nasib pabrikan seperti TVS dan Suzuki bagaiamana? … bisa mati dong?

Soal hidup mati perusahaan itu tergantung inovasinya, model dan bedjo-nya. Ya klo gak laku terus tutup, ya  berarti memang gak diminati sama masyarakat, harus nrimo … iya to?



roda2blog di sosial media

3 Komentar

  1. ongkos kirim rata-rata 1,5 juta terlalu mahal. sepeda motor sebagian besar laku di pulau jawa. ongkirnya murah, via jalur darat.
    tapi sangsinya kecil ya, cuma 25 miliar. gak ada apa-apanya bagi honda dan yamaha.

Tinggalkan Balasan