Masjid Agung Al-Aqsa Klaten Megah Tapi Kuwalik

Cerita lebaran kemarin gan. Akhirnya Masjid Agung Al-Aqsa Klaten resmi digunakan. Klo saya boleh klaim, masjid ini yang termegah di Jawa Tengah. Untuk ukuran luas memang masih kalah dengan masjid Agung Semarang, tapi klo desain arsitektur Masjid Al-Aqsa ini juaranya.

Tapi kok kuwalik? terbalik? apanya yang terbalik?

Jadi begini. Masjid ini dibangun oleh orang Jawa tapi bergaya Persia-Arab. Naghh di Prambanan, ada masjid Al-Muttaqun yang membangun orang Arab tapi arsitektur-interior-nya bergaya Jawa. Nahh kan terbalik too???

Interior Masjid Al-Muttaqun Prambanan Bergaya Jawa padahal yg bangun orang Arab

Interior masjid Al-Aqsa bergaya Persia padahal yang bangun orang Jawa

Tapi ya gak apa-apa lah. Hanya sekedar mengingatkan. Bahwa aslinya bentuk masjid itu polos tanpa ornamen apapun. Adapun kubah lengkung dan berbagai bentuknya bukanlah arsitektur Arab tapi Persia. 

Baca Juga:   Suzuki Extrigger Siap Diproduksi Massal

Yang utama meneh, dengan adanya Masjid Al-Aqsa ini, semoga umat Islam di Klaten lebih kerasan jalan-jalan nongkrong di Masjid daripada di Mall. Ehh di klaten kan emang gak ada mall. :mrgreen:  Saya masih ingat saat pertama kali Masjid Jogokaryan  Jogja mendeklarasikan diri sebagai Masjid yang asik buat nongkrong tahun 2003. 

Hasilnya? Masjid Jogokaryan sukses menjadi pusat kegiatan masyarakat dalam berbagai hal. Semoga Masjid Al-Aqsa juga demikian. Apalagi letaknya sangat strategis di tepi jalan Solo-Jogja. 

saat malam lebih ramai daripada alun-alun. Josss

roda2blog di sosial media

4 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Masjid Agung Al-Aqsa Klaten Megah Tapi Kuwalik | Berita Delanggu dan Sekitarnya

Tinggalkan Balasan