Perbandingan Honda Mobilio vs Datsun Go Ketika Tabrakan

Mobil murah LCG Datsun Go sempat menjadi bahan berita karena tidak lolos uji tabrakan di India oleh NCAP, badan pengawas keselamatan bermobil. Bahkan dalam laporanya, Pihak Global NCAP (New Car Assesment Program) mengatakan  tentang hasil uji tabrak, Datsun Go hatchback versi India tak layak jalan karena desain rangka bodynya yang ringkih dan dianggap terlalu membahayakan bagi pengemudi sekaligus penumpang dan makanya gagal total dalam melalui uji tes tabrak

– baca beritanya di sini : Kualitas Datsun Go dihujat di India, Datsun Indonesia santai

Dengan nilai 0, bisa dipastikan takkan lolos standar frontal impact regulation yang telah ditetapkan oleh PBB karena struktur body shell yang kelewat rapuh sehingga perlengkapan safety tambahan seperti airbags pun dinilai percuma.

Baca Juga:   Gila! Banyak Motor Milik Suporter Yang Dipreteli Maling Saat Nonton Persib

Bagaimana dengan di Indonesia, yang menurut klaim Datsun Indonesia, kualitas Datsun Go di sini lebih baik daripada di India?

Tanggal 21/08/2016, terjadi sebuah kecelakaan fatal. Dimana Datsun Go bertabrakan dengan Honda Mobilio. Tabrakan disebabkan karena Datsun Go menyalip kendaraan padahal marka jalan nya lurus yang artinya dilarang menyalip, saat menyalip dari arah depan melaju Honda Mobilio yang sama-sama kencang.

Dalam tabrakan tersebut, kondisi Datsun Go-nya porak poranda isi kabinya. Mesin bergeser dan  nyungsep ke dalam kabin dan penumpangnya luka parah semua.

Sedangkan kondisi Honda Mobilio lebih baik, mesin tidak bergeser ke dalam. Penumpang tidak mengalami luka-luka dan dapat berjalan keluar dari mobil, mungkin karena terbantu adanya airbag yang berfungsi normal.

Baca Juga:   Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih Dua Kali di Thailand Talent Cup

fb_img_1471761445085.jpg

 

9 Komentar

  1. Hi Min, sorry tapi ko beritanya agak menitik beratkan salah satu pihak ya atau mungkin perasaan saya saja ya :D. Saya salah satu penggemar otomotif dan setahu saya datsun skrg sudah ada air bag dan sudah berbintang 3 untuk kategori keselamatan. Lagian dari segi kelasnya mobilnya jga beda, ada harga ada barang.

    Thank you for sharing min

  2. ikutan share ah.. denger honda ane jadi inget almarhum sahabat ane yg meninggal karena kecelakaan mobil, Wakti itu sahabat ane naik mobil honda ci*y, nabrak pembatas jalan di area mampang sampai akhirnya nabrak rumah makan padang di depannya, yang bikin mirisnya di detik-detik terakhir dia hidup minta tolong ke orang sekitar, gak ada orang yang bantuin malah pada foto2in dia. Ane dapet ini ini dari saksi mata (tukang warung disebelah rumah makan padang) sampai akhirnya sahabat ane meninggal kehabisan darah karena ambulans datang terlambat.

    Sejak saat itu keluarga sahabat ane nuntut honda karena airbanya gak keluar sama sekali, setahu ane kasus ini belom selesai dan gak di blow up media sama sekali.

    Intinya adalah, mau mobil sebagus apapun gak akan ngejamin apa2 mau mahal mau murah tergantung dari pengeudinya,

    Just share

  3. semoga gak ada lagi kejadian yang seperti ini, dan dari kejadian ini bisa diambil hikmahnya oleh produsen mobil agar fitur keselamatan jadi hal penting pada setiap kendaraan

Tinggalkan Balasan