Resep Vinales dan Suzuki Menjuarai MotoGP Inggris

Sempat mengeluh dengan performa motor Suzuki-nya. Vinales akhirnya berhasil menjadi juara podium 1 dengan motor kelir biru. Performa Suzuki GSX-RR sendiri sebenarnya sejak awal musim sudah mendapat pujian dari rider motor lain.Marc Marquez pernah mengatakan bahwa Suzuki GSX-RR adalah motor yang paling membuatnya terkejut. “Ini adalah sepeda motor yang sudah banyak dikembangkan,” ujarnya.

Secara personal, kemampuan Vinales juga dipuji sebagai bintang masa depan. Cal Crutclowh, juli lalu, bahkan memuji Maverick Vinales sebagai pembalap yang lebih baik dari Rossi. Rossi sendiri secara pribadi juga sudah mengakui dan siap menjadi mentor bagi Vinales.

Dari segi motor, Suzuki GSX-RR sebetulnya secara teknis mesin tak berbeda jauh dengan motor lain semacam Yamaha YZR-M1, Ducati Desmosedici GP, dan Honda RC213V. Motor berkelir biru itu juga menggendong mesin 1000 cc dengan tenaga maksimal 242 Tk.

Baca Juga:   Juara MotoGP San Marino, Marc Marquez Sebut Ini Balapan Paling Menegangkan

Sebagai pembanding:
– Yamaha M1 power maksimal 240 Tk
– Ducati Desmosedici GP 245 Tk
– Honda RC213V 241 Tk
Nahh jadi wajar kan jika selama Suzuki jadi juara seri GP Inggris. Bukan kebetulan atau karena bejo, tapi memang perpaduan motor yang sudah hebat plus pembalap top.

Suzuki memang anomali musim ini, tampil cepat saat sesi latihan lalu keteteran saat balapan. Vinales sempat frustasi dengan kinerja GSX-RR di TT Assen, Belanda, akhir Juni lalu. Ia mengatakan bahwa perangkat elektronik motor ini buruk. Lalu di GP Mugello, Mei lalu, ia mengatakan motornya punya akselerasi yang buruk.

Sejarah motor ini sejak Suzuki comeback, pertama kali diperkenalkan pada 30 September 2014, dengan status sebagai pengganti Suzuki GSV-R. GSX-RR telah dikembangkan oleh Suzuki sejak 2012, dan terus mengalami peningkatan setelah itu.

Baca Juga:   Jadwal ARRC 2018, Sirkuit Sepang Malaysia Terhapus Digantikan Australia

Motor untuk musim balap 2016 misalnya, lebih bertenaga 9,4 Tk dibanding tahun sebelumnya. Setelah itu, juga telah mengadopsi ECU Magneti Marelli. Perbedaan lain adalah di musim ini terpampang tulisan Nyalakan Nyali milik Satria F150 yang dibuat oleh PT Suzuki Indomobil Motor.

Spesifikasi teknis Suzuki GSX-RR
Overall L x W x D: 2096mm x 720mm x 1140mm
Wheelbase: 1457mm
Engine Type: Water-Cooled, 4-Stroke, In-line 4-Cylinder, DOHC 4-Valve
Displacement: 1000cc
Maximum Output: Over 236 HP
Maximum Speed: Over 330km/h
Gearbox: Six-Speed (seamless system)
Frame Type: Twin-Spar Aluminium
Tyres (Front / Rear): 17in / 17in
Front Suspension: Ohlins, Inverted Fork
Rear Suspension: Ohlins
Brakes (Front / Rear): Carbon / SteelDisk, Brembo

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan