Berkat Aplikasi Android, Polisi Tuban Sukses Menangkap Pelajar Pelaku Tabrak Lari

Kasus tabrak lari oleh pelajar 17 tahun pengemudi Kijang Innova mendapat sorotan sekaligus bukti efektifitas kerja Aparat Polres Tuban dalam menangkap pelaku tabrak lari. Salah satu peneyebab keberhasilan adalah aplikasi android SIBI.

SIBI (Sistem Siaga Bumi Wali) adalah aplikasi yang dimiliki Polres Tuban dalam melayani publik dengan fitur “Pannic Button”. Malam tadi Kamis (8/9/2016) pukul 20.00 Wib benar-benar teruji manfaatnya. Aplikasi yang bisa di download menggunakan ponsel android itu membuat Satuan Lalu Lintas Polres Tuban berhasil menangkap pelaku Tabrak Lari yang terjadi di depan rumah sakit NU Tuban hanya dalam waktu kurang dari 1 jam.

Salah satu operator SIBI (dari 4 orang yang piket) mengungkapkan, “Setelah kami menerima alarm Pannic Button dan muncul/terlihat di layar monitor lalu saya konfirmasi nomor HPnya, pelapor menyebutkan kejadiannya Laka lantas tabrak lari sehingga saya teruskan memberi signal alarm ke Unit laka dan direspon selanjutnya diteruskan ke jajaran Sat Lantas, Sabhara dan Polsek2”, ungkapnya.

Baca Juga:   Waspada DBD, Demam hari ke-4 langsung cek darah saja

Kanit Laka Polres Tuban,  Iptu Nungki Sambodo, SH menyatakan “Seluruh jajaran melalui pesawat handy talki (HT) memonitor dan melakukan penghadangan di simpul2 jalan dan Pos2 Polisi, akhirnya pelaku bisa dihentikan dan dibawa ke Unit Laka Polres Tuban untuk proses lebih lanjut”.

Pannic Button SIBI memiliki dua aplikasi yaitu bila alarm diteruskan ke seluruh Hand Phone (yang mengunduh SIBI) maka seluruh HP akan berbunyi dan bila diteruskan ke Satuan/Unit/Polsek maka hanya satuan yang dituju yang berbunyi.

Karena kejadiannya Laka Lantas maka petugas piket hanya menghubungi Unit laka saja. Karena seluruh jajaran dan kendaraan patroli dilengkapi HT maka petugas yang jaga/dinas langsung melakukan pengejaran dan penghadangan.

Baca Juga:   Vlog Adu Pukul Antar Blogger di Launching New Honda Beat 2016

Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad dalam setiap kesempatan menjelaskan “Untuk memiliki aplikasi SIBI sangat mudah, tidak perlu datang ke Mapolres, cukup mengunduh di play store HP Android, registrasi nama, alamat dan nomor HP, selesai”.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan