Motor Listrik Gesits Akan Ditest Jakarta-Denpasar

Gesits, Motor listrik garapan Garasindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya telah melakoni sejumlah tahapan uji coba.

“Kami sudah uji dyno dan komponen Gesits untuk yang 10 unit sudah hampir siap semua,” kata Muhammad Nur Yuniarto, kepala pengembangan motor listrik Gesits seperti dilansir Liputan6.com, Kamis (6/10/2016).

Saat ini, tim tengah mempersiapkan 10 unit Gesits siap pada pertengahan Oktober tahun ini. Seluruh unit ini nantinya akan melakoni uji safety dengan standar UNR136 dan ISO 13064-1 dan 2.

“Awal November kami akan uji coba jarak jauh dengan rute Jakarta-Denpasar,” imbuh dia.

Tak cukup sampai di situ, Nur melanjutkan “Akan ada uji coba di beberapa regulated area sampai pertengahan 2017. Setelah itu baru masuk tahap pre-series dan produksi massal.”

Baca Juga:   Emak Super, Naik Motor Sambil Mikul Meja dan Kompor

Gesits dikembangan dengan fokus pada stabilitas berkendara. Motor listrik ini menganut fitur day running light (DRL) yang didesain memanjang hingga samping bodi, yang berfungsi sebagai lampu utama dan sein.

Baterai yang jadi salah satu komponen utama Gesits dirancang agar mudah dilepas pasang. Kemampuan ini bisa menjawab isu soal kemampuan daya jelajah, sehingga pengendara bisa melakukan pergantian baterai ketika perjalanan jauh.

Garansindo, yang jadi mitra pengembangan Gesits menjanjikan akan menyediakan jaringan penjualan baterai. Bahkan sistem penjualannya akan menyerupai distribusi galon dan tabung gas yang tersedia di sejumlah mini market.

Secara spesifikasi, Gesits usung baterai lithium ion 5.000 Wh yang didukungbattery management system. Baterai ini akan memasok daya ke motor listrik 5 kW.

Baca Juga:   Di Bandung Juga Ada Nih, Gadis Manis Tukang Tambal Ban

Sasis Gesits dirancang untuk stabilitas berkendara yang dipadukan dengan penggunaan swing arm  dengan shocktunggal dan shock teleskopik di depan.

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan