Kamera ANPR, Alat Canggih Polisi Malaysia Menindak Pelanggar

Polisi Malaysia akan mulai menggunakan alat canggih bernama ‘Automated Number Plate Recognition’ (ANPR) dengan alat ini, polisi bisa segera menindak penunggak pajak, menilang pengendara dan menangkap mobil hasil curian.

Demikian menurut Humas Polisi Sarawak, Datuk Mazlan Mansor yang turut mengatakan bahwa alat tersebut telah mulai dibekalkan kepada Jabatan Siasatan dan Penguatkuasaan Trafik (JSPT) sejak awal September lalu.

“JSPT telah mendapati satu alat ANPR pada awal September dan akan segera mulai digunakan untuk menindak kendaraan  yang mempunyai tunggakan pajak, menilang dan menangkap mobil hasil curian.”


Bagi kendaraan yang melanggar lalu lintas, alat ini akan merekam plat nomer dan identitas pemiliknya baru kemudian ditindak.

Baca Juga:   Foto-foto Bencana Merapi 2010

Polisi menghimbau agar sesiapa yang mempunyai pajak tertunggak dinasihati untuk segera menyelesaikan bayaran karena tidak ada ruang untuk mereka lari.

Alat tersebut akan dipasang di beberapa lokasi terpilih, selain turut dibawa secara ‘mobile’ oleh anggota polisi lalu lintas.

Ilustrasi cara kerja alat tersebut

Pertama, kamera menangkap plat nomer mobil yang melanggar atau yang telat pajak.

Kedua, kamera secara otomatis mengirim data tersebut ke database.

Ketiga, polisi menindak mobil tersebut setelah dikonfirmasi ulang oleh pusat data.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan