Pesona dan Spesifikasi Yamaha Aerox 155 VVA

White

Tergencet di pasar motorsport, Yamaha bermain cantik dengan menawarkan motor matik bernuansa sport. Laris manisnya Nmax telah membuat pasar baru, yaitu matik sport.

Naghh di gelaran Indonesia Motor Show (IMOS) 2016, Yamaha maluncurkan beberapa line-up matik sportnya dari 155cc hingga 250cc. Salah satu yang menyita perhatian adalah Yamaha Aerox 155 VVA.

Matik ini diproyeksikan pandamping Namx untuk semakin mengokohkan imej Yamaha sebagai spesialis matik underbone. Menurut analisa R2B, demand trend motorsport 150cc akan bergeser ke matiksport 150cc. (klik analisanya di sini)


Produk baru matik sport Yamaha ini punya beberapa fitur keren, diantaranya: fitur Stop & Start System (SSS) dan Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.  Lalu untuk kunci, Aerox menggunakan Smart Key System mirip dengan Keyless System khas mobil mewah.

Smart Key System memperkenalkan konsumen kepada sistem kunci canggih tanpa anak kunci (Keyless). Fitur ini membuat berkendara semakin praktis dan aman karena disematkan fitur Immobilizer dan Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.
Untuk pengereman, Aerox 155VVA dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Brake System) yang akan mencegah slip saat terjadi pengereman mendadak atau saat di lintasan basah. Sehingga berkendara akan semakin aman

“Launching Aerox 155VVA ini jadi sejarah hadirnya teknologi baru sepeda motor di Indonesia. Smart Key System jadi fitur yang benar-benar baru pertama kali diaplikasikan pada sepeda motor di Indonesia. Fitur SKS ini sendiri sudah pasti canggih. Jadi sekarang konsumen tidak perlu kunci lagi untuk menyalakan mesin. Cukup dekatkan smart key unit ke motor, tekan dan putar tuas, motor bisa langsung digunakan.” jelas Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Speedometer motor ini terlihat sangat modern, canggih dan dinamis dengan full LCD. Apalagi yabg warna biru, dengan balutan eksyen biru dan bakclight biru bener-bener cakep broo.

Baca Juga:   Terima Kasih HONDA

Dashboard Speedometernya keren nampolnya

Bakal ada dua versi model, Aerox biasa dan R Version. Khusus Yamaha Aerox 155 VVA – R Version, DNA sport semakin terasa kuat berkat cakram depan model “Wave-Type Disc Brake” ukuran 230mm ditambah suspensi belakang dengan tabung nitro.

Skuter ini juga dibekali dengan Electric Power Socket, alias charger handphone dan kapasitas bagasi mencapai 25 liter. Dengan desain bagasi yang luas, sepeda motor ini mampu menyimpan satu helm full-face berukuran XL, jas hujan dan keperluan aktivitas pengendara lainnya.

Selain bagasi dibawah jok, terdapat juga laci kecil di bagian depan. Di dalam laci terdapat colokan USB untuk mengeces perangkat elektronika anda.

Model behelnya sangat kekinian
Model behel bagian belakang sangat mirip dengan Yamaha Vixion. Motor terlihat ramping dan ringkas tanpa behel. 

Mesin SOHC 155CC dengan Teknologi VVA
Aerox akan dibekali dengan tipe mesin yang sama dengan Yamaha NMax, tipe SOHC dengan kapasitas mesin 155cc. Mesin tersebut diklaim menghasilkan tenaga maksimum hingga 14,8 Hp pada putaran 8.000 rpm dan mampu menggapai puncak torsi hingga 14,4 Nm pada putaran ke 6.000. Tenaga yang begitu besar pada Yamaha Aerox 155 tersebut tentu juga tak lepas dari disematkannya sebuah teknologi mesin yang bernama Variabel Valve Actuation (VVA) di mana teknologi ini diklaim akan membuat performa mesin lebih bertenaga. Lalu, tenaga gahar yang dihasilkan mesin tersebut akan disalurkan melalui sebuah transmisi V-Belt Automatic yang siap mendorong skutik ini dengan tenaga yang kuat. Filosofi dari teknologi Blue Core juga disematkan pada Yamaha Aerox 155 di mana teknologi ini akan membuat motor matik ini lebih irit bahan bakar, efisien dan tentunya lebih ramah lingkungan. Dengan mengetahui sektor mesin yang diusung skutik besutan Yamaha tersebut maka bisa disimpulkan bahwa sektor dapur pacu dari spesifikasi Yamaha Aerox 155cc ini terbilang bertenaga gahar dan powerfull namun tetap irit bahan bakar dan tentunya ramah lingkungan.

Baca Juga:   Contoh Batu Akik Hasil Pewarnaan Treatment

Spesifikasi Yamaha Aerox 155 VVA:
DIMENSI
P X L X T\ : 1990mm X 700mm X 1125mm
Jarak sumbu roda : 1350mm
Jarak terendah ke tanah : 142mm
Tinggi tempat duduk : 790mm
Berat isi : 116 kg (AEROX 155VVA – S Version) / 117 kg (AEROX 155VVA – R Version) / 118 kg (AEROX 155VVA)
Kapasitas tangka bensin : 4,6 L

MESIN
Tipe mesin : Liquid cooled 4-stroke, SOHC
Susunan silinder : Single cylinder
Diameter X Langkah : 58 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi : 10,5 ± 0,4 : 1
Volume silinder : 155.1 cc
Daya maksimum : 11.0 kW / 8000 rpm
Torsi maksimum : 13.8 Nm / 6250 rpm
Sistem starter : Electric starter
Sistem pelumasan : Wet sump
Kapasitas oli mesin : Total = 1,00 L ; Berkala = 0,90 L
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Tipe kopling : Dry, Centrifugal Automatic
Tipe transmisi : V-belt automatic

RANGKA
Tipe rangka : Underbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Unit Swing
Tipe ban : Tubeless
Ban depan : 110/80-14M/C 53P
Ban belakang : 140/70-14M/C 62P
Rem depan : Disc brake
Rem belakang : Drum brake

KELISTRIKAN
Sistem pengapian : TCI
Tipe battery : YTZ7V
Tipe busi : NGK/CPR8EA9

Berikut

Pilihan Warna Yamaha Aerox 155 VVA

Matte Blue
Matte Blue
Yellow
Yellow
White
White
Black
Black
Red Sport
Red Sport
Blue
Blue

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan