Benarkah Honda Melarang Ada 2 Klub Motor Dalam Satu Kota?

Yang rame di facebook gan. Tentang klub Honda Beat melarang Klub Honda Beat lainya. Melarang orang untuk menggunakan nama Honda, Beat, Solo dan Surakarta. Waduhh hak sampeyan opo?

Undang-undang di Indonesia itu menjamin kebebasan untuk berserikat dan berkumpul, alias bebas bikin Klub. 

Jadi semisal ada 10 pengguna Honda Beat yang domisilinya di Solo sering berkumpul, ngopi bareng, satu kampus, tinggal sekamar di kosan, satu RT pula, ya mereka berhak untuk mendirikan kumpulan bernama “Honda Beat Solo Sak Kampus Sak Kos Sak RT”.

Apa yang dilanggar? blas nggak ada sob.

Nah ada yang bilang, klo Honda melarang ada 2 klub motor dalam 1 kota . Waduh.. fitnah apalagi ini. 

Honda Beat itu brand milik AHM selaku pemegang hak jual Honda di Indonesia. AHM tak membatasi atau mengatur soal klub-kluban dari motor produknya. Mau ada 1000 klub pun Honda malah mensupport gan.

Yang bikin batasan adalah PMH, Paguyuban Motor Honda. Ini adalah wadah klub motor Honda dari berbagai tipe dan jenis. Salah satunya aturan di PMH, hanya ada 1 kumpulan klub motor Honda Beat di dalamnya. Demikian juga untuk jenis motor lain, masing-masing cuma 1 klub motor di bawah naungan PMH.

Baca Juga:   Gulingmu si Pelacur Warisan Belanda

Nah, misal klub motor “Honda Beat Solo Sak Kampus Sak Kos Sak RT” tidak mau bernaung di bawah PMH, memilih independen … ya gak ada masalah. 

Apakah klub motor Honda yang bukan anggota PMH tidak boleh hadir di Honda Bikers Day?

Boleh kok!. Bahkan semua klub motor boleh hadir di Honda Bikers Day. Dari motor buatan Jepang, Eropa sampai India silahkan aja hadir. 

Terus apa manfaatnya gabung PMH? dengan bernaung di bawah PMH, agan bisa sewaktu-waktu diundang ikut even yang diselenggarakan Honda. Contoh dapat pelatihan safety riding dan berbagai pelatihan pengembangan diri lainya.

Nah kalau independen apa gak bakal diundang? ya bisa saja diundang. Tapi ya namanya independen biasanya kurang punya channel dan nama dengan EO dari Honda. Beda kan klo bergabung di PMH. 

Baca Juga:   Kemenperin Tunjuk AHM Kembangkan Pilot Project SMK Berbasis Kompetensi

Nah kadang sakitnya gan. Jika ada klub motor Honda Independen yang lebih solid, aktif dan banyak membernya daripada klub motor Honda di bawah naungan PMH. Kan tengsin gann. :mrgreen:

Udah gitu aja gan cerita nglantur R2B. Pesan R2B, jika ragu soal validitas cerita di atas … silahkan datang pas acara Honda Bikers Day. 

roda2blog di sosial media

4 Komentar

  1. Tdak da lrangan buat 2 club 1 kota. Tpi dikota & karisedenan surakarta sdah diresmikan aturan 1 club didlam kota. Club BROS +2 sudah resmi smpai RBI. Q bkan membela club BROS+2, tpi klo mau hdir disolo silahkan tpi klo org jawa yo persimi/ lonuwon. Ora gacoo ngedekke.!! Lounching / deghlarasi durung wes jedul e, boos kwe lahir æ gwo syukuran jenenge/ bancak i jenengmu. Kowe paham ora? Yen gk pham laporko ahm.!

  2. Minimal minta ijin dulu kepada klub yg duluan eksis.
    “Tatakrama” nya mainkan biar gak clash di jalan.
    Contohnya apa yg dilakukan Yamaha Byson Club Bandung minta ijin dulu mau mendirikan klub kepada yang sudah senior TAB (Tiger Association Bandung).
    Ini beda merk dan beda motor, apalagi yg sama.
    Jarang anggota klub yg tau tapi begitulah aturan main para elite petinggi klub.

Tinggalkan Balasan