Panduan Tata Cara Tax Amnesty Untuk UMKM, Mudah dan Murah

Hari senin kemarin meluncur ke kantor Pajak Pratama. Karena sudah 3 kali dapat surat cinta untuk ikut manfaatin Tax Amnesty.

Tax Amnesty menakutkan?
Iya bro, saat masuk ke ruangan Tax Amnesty untuk konsultasi. Ada Ibu Mahmud (mamah muda) bersama anaknya yg masih 7tahun. Sambil nguping, kederr juga hatiku. Itu bu Mahmud total sudah setor 40juta untuk tax amnesty sejak bulan 8 dan belum beres masih harus setor 7juta lagi. Edyannnn…. mampus deh gue eh kulo. Niat hati saya mau mundur aja ikut Tax Amnesty-nya, tapi gak enak udah terlanjur … ya wis basah sekalian aja.

Apa sih Tax Amnesty?

Te tett, waktunya maju konsultasi. Ane dijelain bahwa Tax Amnesty ialah fasilitas hak pilih buat warga negara. Mau ikut silahkan, bila pun tidak mau ikut ya silahkan. 

Manfaatnya, jika ikut Tax Amnesty maka semua denda dan tetek bengek perpajakan dari zaman Indonesia merdeka 1945 sampai 2016 tidak akan diungkit-ungkit. Semua diputihkan, clearr!! Dijamin gak punya ketombe lagi, eh denda pajak. 

Baca Juga:   Ngerri Bro, Foto Remaja Dimakan Harimau Putih

Dengar penjelasan itu, saya yang awalnya takut pengen mundur, jadi berani maju lagi. 

Tahu sendiri kan urusan pajak, selalu aja silit eh nylilit. Contoh simple, tahun 2015 pas ada Sunset Policy / penghapusan denda pajak saya ikut lalu  saya pastikan sama Pegawai AO pajak, bahwa sudah gak punya lagi denda atau bunga pinalti. 

Ehhh lha dalah, pas menjelang SPT Tahunan bulan maret 2016, lha sayanya kok dapat Surat Tagihan Pajak (STP) yang katanya karena kurang bayar tahun 2014. Lho kan weduss!!!!.

Oke, makanya saya niatkan ikut Tax Amnesty … biar gak dapat santet surat Cinta dari kantor Pajak berupa STP.

Noted: STP itu ngeri broo, harus segera dibayar. Klo telat keperjakaanmu bisa direnggutnya.

Bagaimana caranya?
Bila anda mau ngurus Tax Amnesty, harus bawa Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahun 2015 yang dilaporkan pada Maret 2016 kemarin.

Nah dari SPT tersebut akan diminta mengisi kolom harta baik bergerak maupun tak bergerak yang belum diisikan dalam SPT. Misal anda punya dua mobil, dalam 1 SPT baru dicantumkan, nah tugas anda sekarang mencantumkan mobil kedua ke kertas yang disediakan oleh Petugas.

Baca Juga:   Verliana Wakili Jogja di Ajang Astra Honda Motor Best Student 2018

Dari total harta yang belum dilaporkan tersebut akan dikenakan pajak 3% (sampai 31 Desember 2016) lalu 5% jika dilaporkan 1 Januari sampai 31 Maret.

Tarif khusus untuk UMKM.
Untuk UMKM beda!!! Jauh lebih murah. Untuk UMKM tarifnya hanya 0,5% saja. Sama sekali tidak ada kenaikan tariff sampai 31 Maret nanti. Tax Amnesty ditutup 31 Maret yaa.

Setelah clear berapa yang harus dibayar untuk Tax Amnesty ini. Anda akan dibuat semacam rekening virtual buat bayar di bank. Bayar di bank, lalu clear anda berhak dapat surat tanda bukti peserta Tax Amnesty (Surat Keterangan Pengampunan Pajak/SKPP) sebagai senjata bebas dari segala tuntutan pajak sebelum tahun 2016.

Overall, Tax Amnesty ini cukup menggiurkan dan semoga bener-bener clear gak ada lagi buntut tagihan pajak macam denda pajak dan bunga pajak. Haruss clearr!!.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan