Pelatihan di Safety Riding Center Astra Motor, Gratis Dengan Armada Sepeda Motor Honda Terbaru

Berkendara dengan sepeda motor adalah sesuatu yang sebenarnya sangat berbahaya. Pada dasarnya sepeda motor adalah alat transportasi yang tidak seimbang, sehingga seorang pengendara dituntut untuk menjaga keseimbangan motor selama berkendara.

Saat sudah melaju maka semua terlihat mudah, tapi ketika ketemu hambatan seperti jalan berlubang atau gundukan tanah, baru kemudian menyadari bahwa berkendara sepeda motor perlu keterampilan dan sikap mawas diri untuk menjaga keseimbangan.

Apalagi mengingat fakta bahwa angka kecelakaan di jalan raya didominasi pengendara sepeda motor. Sepanjang tahun 2015 ada 27.000korban jiwa kecelakaan lalu lintas, yang 70% kejadian kecelakaanya melibatkan pengendara sepeda motor.

Sebagai bentuk nyata kontribusi dalam kampanye pelopor keselamatan berkendara, maka PT. Astra Motor Honda membangun Safety Riding Center (SRC) di Kota Yogyakarta. yang terletak di Jalan Sudirman No. 99, Yogyakarta.

SRC merupakan tempat pelatihan berkendara dari mulai pemula hingga yang sudah mahir. Di sini, para pengendara akan diberikan edukasi dan keterampilan dalam hal berkendara yang aman sehingga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan berkendara di jalan raya dengan fasilitas sepeda motor Honda keluaran terbaru. Yang luar biasa, semuanya disediakan secara gratis oleh Astra Motor.

Baca Juga:   Busi kok pada basa-basi sih

Apa aja sih yang dipelajari di setiap praktek latihan, biasanya bakal ada dua sesi yaitu sesi teori dan praktek. Dalam sesi teori peserta diajak untuk mengenal sikap, perilaku, persiapan berkendara, resiko di jalan raya, kondisi dan titik-titik rawan dalam lalu lintas, dan teori ketrampilan berkendara. Sedangkan untuk sesi praktek dibagi menjadi empat materi yang meliputi braking, narrow plank, bumpy roads, dan slalom course.

Seorang pengendara tampak berlatih melewati halang rintang bersama instruktur dalam pembelajaran safety riding di Safety Riding Center Jogja.

Dalam materi braking peserta diajak untuk menguasai ketrampilan penggunaan rem saat mengendarai sepeda motor. Teknik pengereman yang baik akan menghasilkan jarak pengereman yang pendek dan pengendalian yang stabil. Untuk melatih keseimbangan peserta mendapatkan materi narrow plank dimana peserta diajak untuk meniti papan keseimbangan.

Sedangkan untuk melatih ketrampilan peserta dalam menghadapi kondisi jalan yang rusak / tidak rata, peserta diajak untuk melewati bumpy roads sebagai simulasinya. Materi terakhir adalah slalom course. Dalam materi ini peserta diajak untuk mengasah ketrampilannya dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan, baik tikungan dengan sudut sempit yang harus dilalui dengan perlahan ataupun tikungan dengan sudut yang lebar dan dapat dilibas dengan cepat.

Baca Juga:   Thrill Vanquish 3.0 Sepeda Yang Cocok Buat Pemula

SRC diharapkan dapat meminimalkan angka kecelakaan di jalan raya dan memaksimalkan tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan di jalan raya. Perlu kita ketahui bahwa penyebab paling besar dari kecelakaan adalah faktor manusia dengan prosentase lebih dari 90%.

Selain buat kursus, Safety Riding Center Honda Jogja enak buat nongkrong, karena disediakan suatu tempat bergaya cafe untuk tempat berkumpul, tukar pikiran para komunitas motor atau bahkan nonton bareng MotoGP.

Pembalap wanita nasional Alexa Asmasoebrata mencoba simulator motor Honda di Astra Motor Safety Riding Center Jogja.
Pembalap wanita nasional Alexa Asmasoebrata mencoba simulator motor Honda di Astra Motor Safety Riding Center Jogja.

Sepanjang tahun 2015, Tim Safety Riding Astra Motor Yogyakarta telah memberikan pelatihan safety riding kepada 6.928 peserta dengan rincian sebanyak 2.018 peserta melakukan training di Astra Motor Safety Riding Center yang terletak di Jalan Sudirman No. 99, Yogyakarta.

Ke depanya, Astra Motor berharap agar SRC bisa menjadi pilihan tujuan wisata oleh rombongan wisatawan dari luar kota Yogyakarta untuk belajar safety riding, ditengah-tengah agenda mereka berwisata.

Wah keren kan?

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan