Tradisi Becekan Resepsi Pernikahan di Pawitandirogo

Apa sih Becekan? ini salah satu tradisi kearifan lokal jawa yang saat ini mulai ditinggalkan dengan istilah, ngasih mentahnya saja atau ngasih amplop aja. 

Becekan atau jagong becek adalah nyumbang dalam bentuk bahan pokok mentah, seperti beras, minyak goreng, gula, sayur-mayur seperti kubis, wortel, kentang, buncis dll. 

Sebagai gantinya, tuan rumah yang dibeceki akan mengisi lagi tas becek dengan makanan yang sudah matang dimasak, biasanya terdiri dari nasi putih, oseng-oseng, lombok ijo, bakmie, telur, rendang, tahu tempe. Lalu ada snak juga terdiri dari pisang, roti bolu, rengginan, mancho,  dll. Jadi saat pulang tamu akan membawa masakan siap dimakan dirumah. 

Kesibukan ibu-ibu di bagian dapur, menyiapkan menu untuk bekal pulang para tamu.

Baca Juga:   Hajar Ibu Kandung, Seorang Anak Dibunuh Bapaknya Di Magetan

Urusan bagian Logistik.

Selama jagong, para tamu juga disuguhi aneka menu prasmanan. 

Ada nasi rendang, soto, brongkos, oseng-oseng daun kates, mie, lombok ijo dll.
Di meja ada tape, pisang, rengginan, roti bolu, jenang, jadah dan rokok Surya.
Tas para tamu yang telah diisi siap dibawa pulang.

Di wilayah Pawitandirogo (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun dan Ponorogo). Becekan dilaksanakan 1 hari sebelum resepsi pernikahan. 

Nah klo di Nganjuk, karena kebetulan kemarin saya ngiring manten ke nganjuk. Sepertinya acara Becekan dilakukan pas resepsi dan sehari setelah resepsi. Saya lihat banyak tamu undangan bawa tas becek.

Becekan di Ngajuk

Repot? dan merepotkan?

Bagi orang modern mungkin terlihat merepotkan karena semua “lelah” harus dihargai pakek duit. Tapi bagi orang desa lelah bisa dibayar dengan rasa “gembira” asalkan semua senang maka lelah pasti terbayar.

Tuan rumah senang hajatanya dibantu dan siap membantu. Bagi para rewang, ini adalah kesempatan saling berinteraksi sosial satu sama lain. Bahu membahu, bercanda, tertawa bersama maka semua lelah hilang. Demikian halnya bagi para sinoman.

Baca Juga:   Pemerintah Berencana Mengganti Hercules dengan Airbus A400 atau Boeing C-17

Interaksi sosial adalah kebutuhan manusia sama halnya manusia butuh pada duit. Salah satu budaya penting dalam tradisi Jawa adalah menjaga agar manusia saling berhubungan satu sama lain.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan