Kayaknya Bakalan Ada Fasilitas Khusus Beli Motor Honda Buat Ojek Online

Tingginya angka pertumbuhan bisnis ojek online di kawasan ASEAN bikin Honda Motor Co. Jepang ingin turut mengicipi pasar Ojek Online. Pekan lalu (12/12) Honda Motor Co., Ltd mengumumkan kolaborasi strategis dengan Grab Inc. Belum gamblang inti kerjasamanya apa, hanya tercantum ditujukan untuk mencari pola “sharing economy” di antara kedua belah pihak untuk kawasan Asia Tenggara.

Hal ini didasarkan pada kesadaran soal “sharing economy” yang sudah mendunia. Semakin membesar pula soal pergeseran pola kepemilikan sebuah motor yang tadinya ‘hak milik’ menjadi ‘hak kelola’.

Secara garis besar, sepertinya Honda dan Grab akan menjalankan peran masing-masing berdasarkan pengalaman sekaligus kekuatan kompetetif yang dimiliki.

Grab akan mengedepankan performanya soal mengajak pemilik motor untuk berbisnis bersama menggunakan motornya.

Baca Juga:   Kabur dari RSJ, Sumarwan Naik Motor Sambil Bugil

Sementara Honda akan menawarkan produk-produknya, jaringan penjualan, servis, dan jalur layanan lainnya.

Mungkinkah Honda Motor akan nerapin strategi Toyota lewat produk Toyota Transmover, Avanza versi termurah yang khusus untuk taksi online dengan kepemilikan dan leasing melalui perantara Perusahaan Taksi Online. 

Menarik untuk disimak dan dinanti, bisa jadi Honda akan menawarkan produknya yang sudah ada dengan skema leasing melalui Grab. Tentunya dengan iming-iming lebih murah dan bisa mendapat tambahan penghasilan.

Contoh nih, beli Honda CBR250RR tapi pembayaran cicilan melalui saldo Grab, bisa dipotong langsung dari pendapatan ngojek eh ngeGrab.

Untuk mendukung, seharusnya dalam aplikasi Grab juga ada pilihan motor yang dinginkan konsumen. Tentunya konsumen bisa dapat motor tumpangan sesuai kebutuhan, misal ada wanita pakai kebaya lha kok dijemputnya pakai Honda R15, kan kacau jadinya?

Baca Juga:   Samsung Galaxy Core 2, produk upgrade gagal
Coba ada fasilitas opsi milih motor, pasti doski akan milih dijemput pakai Vario 125 daripada R15.

Shinji Aoyama, selaku Operating Officer and Director Honda Motor Co., Ltd. menyebutkan, “Tengah terjadi perubahan dramatis di dunia mobilitas, “sharing economy” sedang berkembang pesat di seluruh dunia. Kami bersama Grab akan mencari pola yang bisa menawarkan program yang lebih aman sekaligus nyaman dalam menghadapi perubahan besar ini untuk kawasan Asia Tenggara.”

Pihak PT Astra-Honda Motor (AHM) lewat Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication, menyebutkan belum ada petunjuk teknis atas kerjasama strategis tersebut.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan