Honda CBR250RR Mahakarya AHM Kebanggaan Bangsa

Lazimnya sepeda motor 250cc dikembangkan di luar negeri, di negeri asal pabrikan tersebut. Ini karena sepeda motor bermesin 250cc biasanya menjadi produk flagship di jajaran motorsport dan menjadi produk global.

Berbeda dengan Honda CBR250RR. Motor berkubikasi seperempat liter ini, diriset, dikembangkan dan diproduksi di Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Perusahaan patungan antara PT Astra Internasional Indonesia dan Honda Jepang.

Saat dirilis pertama kali pada bulan Juli 2016, dengan tajuk World Premier Honda CBR250RR Heavy Lightweight. Perhatian semua pecinta motor di seluruh dunia tertuju ke Indonesia. Tentunya ini menjadi promosi yang positif tentang profil Indonesia di mata dunia.

“Hey lihat, motor sekeren ini dibuat di Indonesia”

Para teknisi AHM yang terlibat dalam proyek Honda CBR250RR tampil di panggung kehormatan saat launching perdana produksi Honda CBR250RR pada November 2016. Foto: Irfan/pertamax7.com

Fun Race Honda CBR250RR

Minggu, 18/12/2016 saya berkesempatan menjajal langsung Honda CBR250CC dalam even Fun Race bareng para blogger yang diadakan Astra Motor di Sirkuit Stadion Internasional Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta.

Acara ini memberi kesempatan untuk merasakan bahwa Honda CBR250 ini benar-benar menawarkan sensasi baru dalam berkendara. 

Secara fisik, motor 250cc ini benar-benar keren. Hampir setiap detilnya bener-bener diperhatikan. Desain yang paling menarik bagi saya adalah lubang air ram pada bagian buritan. Awalnya tak banyak yang mengira jika bagian ini berlubang, dikiranya gimmick saja, makanya banyak yang kaget. Bagi yang hobi turing, desain ini berguna untuk memasang side bag, bisa praktis bongkar pasang tanpa perlu repot untuk pasang box. 

Setelah memakai peralatan riding gear, saya bersiap menaiki motor keren ini. Begitu naik diatas jok, awalnya saya ngira klo motor ini sudah dimodifikasi balap. Stang jepitnya itu lhoo, beneran bikin kaget. Posisi riding sangat sporty tapi tidak nunduk banget masih cocok untuk keperluan turing. 

Baca Juga:   Soto Ayam Peko Madiun, Ini Yang Paling Maknyuss

Speedometer mengadopsi desain full lcd. Penampilanya simpel dengan informasi yang cukup lengkap. Anak kuncinya sudah mengadopsi sistem laser cut tampak lebih keren tanpa ujung lancip kan?.

Point view utama dari motor ini adalah shock depan yang bertipe Up Side Down (USD).  Lalu desain muffler dengan model 2in1. Secara fisik motor ini juga tampak lebih besar dibanding kompetitor lainya. Desainya 100% total baru dan fresh. 

Saya mencoba motor ini selama hampir 10 lap mengelilingi sirkuit Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta. Trek sirkuit memang tidak panjang, saya hanya bisa mentok pada persneling 2 saja. Hasilnya saya belum optimal mencoba riding mode, riding mode adalah 3 model pengaturan  kecepatan sesuai kebutuhan, ada Sport+, Sport dan Comfort. Saat model Comfort memang terasa ada batas limiter rpm saat perseneling 2 dan gas dibejek agak dalam. 

Hal lain yang ditawarkan Honda dalam All New CBR250RR adalah total control. Lintasan sirkuit yang pendek dengan tikungan cepat membuat kami benar-benar bisa menguji agility dari motor sport gambot ini. Dan terbukti enak sekali dipakai untuk meliuk-liuk sama sekali tidak ada rasa atau gejala  ngebuang saat diajak meliak-liuk.

Berdasarkan rilis resmi dari AHM, New Honda CBR250RR menghasilkan tenaga maksimal terbaik 27,1 kW (36,8 PS) / 12.500 rpm dan torsi maksimum hingga 22,5 Nm (2.29 kgf.m) / 10.500 rpm berkat penyematan mesin generasi terbaru 250cc liquid-cooled 4-stroke DOHC 8-valve, paralel twin cylinder. Rangka teralis terbaru dan mesin compact, All New Honda CBR250RR menjadi model teringan di kelasnya dengan bobot 165 kg untuk tipe standar dan 168 kg untuk tipe ABS.

Baca Juga:   Dovizioso Mulai Ragu Bisa Jadi Juara

Untuk harga, All New Honda CBR250RR tersedia dengan 2 tipe yakni STD (standar) akan dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) Rp 62.900.000,- dan ABS dipasarkan dengan harga OTR Rp 68.900.000,-melalui pilihan warna Anchor Graymetallic dan Mat Gunpowder Black Metallic.  Sementara untuk warna Honda Racing Red tipe STD akan dipasarkan dengan harga Rp 63.500.000,- dan tipe ABS Rp 69.500.000,-.

Rencananya PT. AHM akan menjadi pusat basis produksi Honda CBR250RR untuk memasok pasar global. Melihat tingginya animo pencinta motor di seluruh penjuru dunia pada motor 250cc ini, besar kemungkinan motor ini akan laris manis di pasar global.

Di kelas 250cc dengan berbagai fiturnya, motor ini sudah menjadi mahakarya saat ini. Semua atensi pecinta motor juga tertuju padanya. Maka bila nantinya motor ini laris manis di berbagai  penjuru dunia, bolehlah kita berbangga bahwa Honda CBR250RR dibuat, diriset dan diproduksi di Indonesia.

Sekali lagi, produk Astra bisa menjadi duta bagi standar kualitas produk Indonesia. Bahwa barang made in Indonesia mempunyai standar kualitas ekspor yang mantab.

roda2blog di sosial media

2 Komentar

Tinggalkan Balasan