Kenalpot Mobil Berair di Pagi Hari? Berikut 3 Tanda Yang Harus Diwaspadai

Kerusakan atau tidak beresnya mesin mobil bisa dideteksi dari Knalpot. Berikut ini 3 tanda dari kenalpot mobil soal kondisi ruang bakar mobil.

1. Ujung Kenalpot dipenuhi debu berwarna hitam.
Sentuh ujing kenalpot mobil, bila ada endapan debu karbon warna hitam, berarti ada yang gak beres di bagian mesin. Ini menandakan Pembakaran tidak sempurna, ruang bakar kekurangan udara. Sehingga besaran percikan api tidak sesuai kebutuhan, busi bekerja poll-pollan untuk membakar bbm dan biasanya gampang mati.

Pembakaran yang baik kan kalau udara, bensin, dan api takarannya sesuai.

Penyebabnya bisa karena filter udara yang sudah kotor dan saatnya diganti. Bisa juga dari settingan karbu yang tidak sesuai pada mobil lama. Atau settingan injeksi yang kurang tepat pada mobil baru.

Baca Juga:   Beri Kejutan Pecinta Skutik, Honda Hadirkan Program Awal Tahun

2. Ujung Kenalpot Ada Rembesan Oli

Jika ada rembesan oli di ujung knalpot, berarti ada oli mesin yang masuk ke ruang bakar. Penyebabnya bisa dari klep yang bocor/ ngowos, ring piston yang sudah renggang waktunya minta ganti, dan dinding piston atau silinder yang sudah baret penuh luka.

Jika sudah begini, biasanya busi akan berwarna hitam basah atau klomoh.

3. Kenalpot Mengeluarkan Asap Putih.
Jika asap putihnya tidak terlalu banyak hanya tipis-tipis lalu menghilang, Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini terjadi akibat hasil penumpukan kondensasi yang biasanya normal terjadi di sistem pembuangan.

Yang bahaya klo asap putihnya terus-terusan dan pekat. Ini biasanya karena ada bagian dari sistem pendingin yang bocor. Harus segera dioperasi biar gak terjadi over heating.

Baca Juga:   Jeblok di 2016, Yamaha Rombak Organisasi di 2017

Bisa juga karena dua sebab pada poin di atas

4. Ujung Kenalpot Keluar Air di Pagi Hari.
Jangan panik sob, justru keadaan macam ini pertanda mesin sehat dan baik. Untuk memastikanya lihat pada ujung kenalpot. Jika keadaanya bersih dan berwarna ke abu-abuan berarti dia sehat.

Keluarnya air  di pagi hari biasanya terjadi setelah mobil kena hujanya malamnya atau selesai dicuci, bisa juga karena air berasal dari embun pagi. 

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan