Yamaha R25 Direcall Lagi Karena Tangki Berpotensi Bocor, Eh Padahal Ada Pabrikan Yang Hobi Bocor Lhoo

Yamaha R25 kembali kena recall. Walau berpotensi dilabeli produk gagal karena aksi recall yang kedua ini, Yamaha tetap bergeming untuk merecall. Usut disusut, ternyata recall yang keduanya ini salah satunya disebabkan ada potensi tangki bbm bocor. Wahh, sepertinya Yamaha takut kena penyakit menular dari Honda Tiger/Megapro nihh.

Menurut pak Abidin, potensi bocor ini sebenarnya hanya menerpa pada pemilih R25 yang pernah memodifikasi tangkinya saja, karena pemasangat bracket fuel yang tidak sempurna lagi.

“Umumnya yang sudah pernah bongkar tangki atau melakukan modifikasi dan setting-setting. Saat mereka lupa memasang bracket kembali, posisi tangki tidak maksimal terpasang, akibatnya ketika motor digunakan bisa menyebabkan vibrasi karena bersentuhan dengan bracket tadi. Saat dibiarkan, lama-kelamaan menyebakan kebocoran pada tangki,” ucap M. Abidin, GM Aftersales Division Yamaha Indonesia.

Baca Juga:   Pengalaman Memakai Oli Diesel Pada Sepeda Motor Honda Win

Itu masalah yang pertama lho bro, yang kedua adalah soal main switch  dimana motor bisa mati mendadak.

“Kami menemukan adanya masalah pada main switch dan bracket fuel tank di MT25 dan R25. Di Indonesia sampai saat ini memang belum ada keluhan dari konsumen, tapi sebagai komitmen kami tetap buat kampanye penarikan lagi,” ujar Abidin seperti dilansir KompasOtomotif, Kamis (16/2/2017).

Menurut Abidin, sebenarnya untuk kasus di Indonesia yang mengalami masalah ada pada MT25. Main switch yang letaknya di bawah sehingga sulit terjangkau dan bisa membuat motor mati mendadak.

“Setelah kami analisa penutup plastik main switch berpotensi menjadi penghantar listrik, terutama saat kena air. Kasus ini lebih banyak di MT25, untuk R25 sebenarnya tidak ada, namun karena desainnya sama jadi sekalian saja kami benahi,” ucap Abidin menjelaskan.

Baca Juga:   Mantan Pembalap Jadi Konsumen Pertama Honda CRF250 Area Yogyakarta

Nagh karena ada dua masalah, Yamaha berbaik hati mengasih dua botol oli gratis untuk pemilik Yamaha R25 yang mau datang ke bengkel menjalani recall.

Untungnya, motor ini tidak laris terjual di Indonesia, kalau laris manis pasti antrianya panjang sob selama prosesi servis recall ini. Sedangkan bonusnya cuma 2 botol oli, apa iya antri panjang sambil minum oli … kan bisa mabuk. :mrgreen:

3 Komentar

Tinggalkan Balasan