Biar Aman, Suzuki RC100 Ini Diangkut Tombong

Di zamanya, Suzuki RC100 adalah motor bebek oaling eksotis. Selain karena teknologinya yang menggunakan Jet Cooled untuk pendinginan mesin. Motor ini punya pilihan warna-warni. Kebetulan dulu keluarga punya yang warna kuning.

Sepeda motor ini termasuk laris di tahun 1980-1990an. Sensasi mesin 100cc 2tak nya paling bejaban di jamanya. Bolehlah diadu sama bebek 4tak yang waktu itu cuma 90cc. 

Lawan berat motor ini adalah Yamaha Alfa yang punya kubikasi mesin 102cc. Tapi Suzuki RC100 punya kelebihan soal pendinginan mesin yang disebut Jet Cooled. Katanya sih, mesin Suzuki jika digunakan jarak jauh tidam usah khawatir soal panas karena teknologi ini. Sedangkan mesin bebek Alfa Yamaha jika sudah terlalu panas akan mogok … harus didingankan dulu. Katanyaaa…lho yaa.

Baca Juga:   Mobil Presiden Jokowi Mogok, Mercedes Siap Tanggung Jawab

Berikut ini spek dari si RC100

Selain versi standar, karena termasuk best Seller. Seingat saya Suzuki juga mengeluarkan RC100 versi balap dengan nama RC Sprinter. 

Di pedesaan atau pegunungan, nasib motor bekas si RC ini masih banyak yang meminati. Salah satu sebabnya karena jambakan khas mesin 2taknya cocok buat ngangkut hasil panen. 

Cuma memang kebanyakan sudah tak lagi taat pajak. Seperti nasib Suzuki RC berikut ini. Karena sudah gak hidup lagi legalitasnya, daripada kena tilang pas dibawa ke kampung ya mending diangkut aja pakai tombong. Yang penting nyampek rumah siap diajak kerja ke sawah. 

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan