Motor Terbaru Ducati MotoGP Dilengkapi Otak Buatan

Harus diakui jika Tim balap Ducati di MotoGP adalah trend setter dalam beberapa tahun terakhir, contoh tahun kemarin soal winglet yang akhirnya banyak ditiru tim lain. Tahun ini Ducati tampaknya lebih banyak disorot perkara Jorge Lorenzo, juara dunia 2kali bersama Yamaha, bisa apa sih di Ducati? ini yang banyak jadi sorotan orang ketika ngobrolin Ducati ketimbang inovasi motornya.

Ducati di musim ini akan “menanamkan” dua teknologi canggih pada Desmosedici. Keduanya adalah Internet of Thinks (IoT), dan Artificial Intelligence (AI).

Menurut laman autoevolution, Kamis (2/3/2017), integrasi dua teknologi ini adalah cara baru Ducati dalam mengakali peraturan di MotoGP yang semakin ketat termasuk soal jadwal pengujian motor yabg makin sedikit.

Baca Juga:   Bebatuan Di Sungai Bendo Sawoo Ponorogo, Mengandung Bijih Emas dalam Jumlah yg Signifikan

Teknologi yang dikembangkan oleh Accenture Analytics ini akan mengolah data yang diperoleh dari 100 sensor. Di antara sensornya adalah parameter mesin, kecepatan, dan suhu rem serta ban.

Data ini akan sangat memudahkan mekanik. Tanpa perlu menguji langsung motor di trek, tim dapat melakukan sejumlah rekayasa dan kalkulasi terhadap settingan motor tertentu pada kondisi tertentu pula.

General Manager Ducati Corse Luigi Dall’Igna mengatakan, untuk memastikan motor menunjukkan kemampuan tertingginya, maka perlu diuji terlebih dulu dengan konfigurasi mesin sebanyak mungkin. Dan alat ini, sangat memudahkan itu.

“Kemampuan untuk menggunakan data uji yang baru atau yang sudah ada di lab menolong kami untuk memilih konfigurasi maksimal untuk motor. Alat inovatif ini akan membuat kami menguji proses yang lebih cerdas, membantu kami mendapat performa terbaik dari motor kami,” terang Dall’Igna.

Baca Juga:   Astra Motor Yogyakarta Kembali Gelar Honda Student Skill Contest

Dengan kata lain, kombinasi antara Internet of Thinks (IoT), dan Artificial Intelligence (AI) dapat membuat pengujian sepeda motor lebih cepat, murah, dan efektif.

Ducati sebdiri mengklaim bahwa mereka telah menyiapkan rekaman sekitar 4.000 sektor trek balap dan mempunyai lebih dari 30 skenario balap yang siap dipakai pembalapnya. Ini untuk mengatur setingam motor dalam kondisi berbeda ngadepin tiap sirkuit. 

Wahh koyo main game wae yoo

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan