Honda CB500X 2017 Tampil Lebih Fresh

Moge terlaris Honda, CB500X mendapat penyegaran tampilan. Gak hanya ganti livery tapi juga ganti kenalpot baru yang lebih bergaya Adventure. Moge cukup laris karena sesuai dengan trend turing sebagai gaya hidup masa kini di kalangan motoris.

“Turing menjelajah menjadi tren saat ini dan menjadi gaya hidup yang memberikan kebebasan berkendara dari rutinitas,” kata Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya.

CB500X yang hadir dengan penyematan fitur baru ini semakin memperkaya gayacrossover pada wind screen dengan ukuran panjang, tangki bahan bakar besar untuk berkendara lebih jauh, lampu LED,adjustable spring preload pada bagian depan dan tuas rem yang dapat disesuaikan seperti keinginan pengendara. 

Honda CB500X mengusung mesin 500cc DOHC – menghasilkan power 39kW dan konsumsi BBM 26,8 km/liter(mode WMTC) – menggunakan rangka baja diamond tubeyang kokoh. Hadir dengan windscreenberukuran besar dan sentuhan fitur lampu LED pada headlight dan taillight.

Kapasitas tangki 17,7 liter tangki memberikan kemampuan jelajah lebih jauh dengan tutup tangki hinged fuel cap, jangkauan tuas rem  yang kini dapat diatur, desain tempat duduk dan alur kunci kontak yang disematkan mampu menumbuhkan pengalaman berkendara yang berbeda.  Kenyamanan berkendara pada model ini juga semakin baik dengan aplikasi tambahan adjustable spring preload pada bagian depan dan daya redam shock belakang yang lebih baik, serta peningkatan mekanisme perpindahan gigi yang semakin halus.

Honda CB500X menyuguhkan keseimbangan antara bentuk yang kompak, ukuran yang mudah dikendalikan, dan kemampuan menginspirasi untuk penjelajahan yang nyaman. Pada tahap lanjutan ini, engineer Honda ingin meningkatkan sensasi kebebasan menjelajah dengan konsep “feel the adventure.”

Baca Juga:   Ada Lap Counter di Speedometer Honda All New CBR250RR

Lampu LED pada headlight terlihat kecil tapi powerful. Garis tegas menyudut dimahkotai dengan lampu senja ganda dan sentuhan warna perak di bawahwindscreen yang membuat tampilan CB500X mirip dengan big bike Honda lain dengan kapasitas mesin yang lebih besar seperti NC750X, VFR800X Crossrunner and VFR1200X Crosstourer. Dua tutup panel samping menyatukan desain belakang dan depan dengan aplikasi cat pada bagian atasnya. Cover mesin berwarna hitam menyempurnakan desainnya.

Windscreen mampu memberikan perlindungan lebih maksimal, terutama bagian atas tubuh pengendara. Saluran udara di posisi tengah mampu menyeimbangkan tekanan dan mengurangi turbulensi di sekitar helm.Windscreen memiliki dua pilihan ketinggian yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Alur kunci kontak bergelombang atauwave dibuat lebih halus sehingga memberikan rasa mewah saat digunakan, dan perangkat tempat duduk juga dilengkapi dengan lampu LED di bagian belakang.

Tampilan dasbor dilengkapi denganspeedometer digital, takometer digital,odometer, dual trip meter, jam, penunjuk isi bahan bakar digital dan konsumsi bahan bakar.   HISS (Honda Intelligent Security System) terintegrasi dengan kunci kontak.  Tersedia ruang dibawah kursi untuk penyimpanan dan pelat pengamanan disiapkan untuk mengamankan sisi bawah mesin dan pipa knalpot dari permukaan kasar.

CB500X dilengkapi dengan mesin 500cc DOHC, 8-valve parallel twin berpendingin cairan mampu menghasilkan keseimbangan sempurna untuk dimensi yang lebih padat dan performa yang fleksibel.  Proporsi segitiga dari crankshaft, main shaft dan countershaft setipe dengan mesin Honda four-cylinder RR dan didukung banyak dari struktur dalam dan rekayasa teknik  diadopsi langsung dari CBR600RR dan CBR1000RR.

Baca Juga:   Beri Kejutan Pecinta Skutik, Honda Hadirkan Program Awal Tahun

PGM-FI fuel injection menghasilkan respon performa menakjubkan; rute aliran gas dari kotak udara ke saluran pembuangan langsung dan piringan di dalam kotak udara memisahkan putaran udara ke setiap silinder. Tenaga mencapai puncak 39kW saat di putaran 8.500 rpm di torsi 46,8Nm pada putaran 7.000 rpm.

Suspensi depan teleskopik berukuran 41mm (125mm swingarm) mengaplikasikan pengaturan tingkat redaman suspensi bersamaan dengan suspensi belakang Pro-Link yang telah menerapkan 5 langkah penyesuaian dan penyesuaian tingkat redaman menghadirkan fleksibilitas saat berkendara sesuai dengan beban motor. Reduksi akhir melalui rantai roda 520 tipe sealed.

Velg terbuat dari alumunium berbobot ringan dengan mengaplikasikan bentuk jari-jari Y yang saling bersilangan.  Lebarvelg depan berukuran 3,5 inchi dengan spesifikasi ban 120/70-ZR17, sementara itu velg belakang berukuran 4,5 inchi dengan spesifikasi ban 160/60-ZR17. Rem cakram depan beralur gelombang dengan ukuran 320mm dan kaliper rem berpiston ganda sangat pas diaplikasikan di piringan rem belakang dengan ukuran 240mm dan kaliper piston tunggal. 

Sejak diluncurkan pada Juni 2015, CB500X menjadi model terlaris yang telah dimiliki oleh 164 konsumen premium Honda hingga Januari tahun ini. Model ini pun tercatat sebagai big bike terlaris sepanjang 2016 dengan total penjualan sebanyak 139 unit. 

Honda CB500X ABS dipasarkan dengan harga OTR DKI Jakarta (on the road) Rp147.387.500,-  untuk 2 pilihan warna yakni Candy Rosy Red dan Pearl Horizon White.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan