Review Motor Roda 3 Tiger, Panass Broo Di Dalamnya

Penampakan motor roda 3 atau yang lebih kerenya disebut city car mencuri perhatian banyak orang, terutama kaum wanita. Motor yang mirip bajai modern ini memang menawarkan tidak kehujanan dan tidak kepanasan.

Selama ini di facebook banyak foto-foto viral yang mengaku penjual motor listrik roda 3 dengan keterangan memakai mesin motor 250cc. Setelah ditelusuri, ternyata para akun yang mengupload foto tersebut berniat melakukan penipuan. Modusnya, anda disuruh transfer dulu uang muka senilai 3-5juta rupiah lalu barang akan dikirim. Setelah transfer, orangnya langsung menghilang. 

Faktanya, di Indonesia cuma 1 produk motor roda3 atau city car dengan merek Tiger buatan China. City Car Tiger ini bertenaga listrik bukan bermesin motor.

Satu-satunya kendaraan roda 3 dengan mesin sepeda motor dengan atap tertutup hanya TVS King, modelnya seperti bajaj pada umumnya.

Back to topik, berdasarkan impressi pembaca yang ngirim testimoni lewat kotak messenger. 

Baca Juga:   Aktif di Dunia Pendidikan, AHM Terima Anugerah Pendidikan dari Kemenag RI

Motor roda 3 ini bertenaga listrik, bukan bermesin motor. Tenaga listrik disimpan dalam baterei berkapasitas 1.000 Watt, jika diisi penuh hanya mampu menempuh jarak 50KM saja. Dengan kecepatan maksimal hanya 40KM/Jam saja. 

Jangan bayangkan di dalam tricycle (motor roda 3) ini nyaman senyaman di mobil. Tidak ada AC seperti iklan hoax di facebook. Arus listriknya 48v-20A. Gak kuat buat ngidupin AC gan. Untuk mendinginkan suhu di dalam kotak cuma dibantu dua kipas angin portabel. Jika kurang dingin, tambahin aja kipas anginya lagi dengan kipas komputer PC.  

Joknya juga sederhana, tapi lebih nyaman lah dibandingkan Bajaj eh TVS King. 

Berapa daya muatnya? kapasitas beban angkut maksimal hanya 125KG. Di belakang kursi sopir, masih ada ruang untuk dua anak kecil. Jika diisi orang dewasa muat juga bisaa tapi maksaa bangett.

Saat ngomongin soal kendaraan model tertutup gini, maka ya harus bahas suspensinya. Tricycle ini sebenarnya termasuk sepeda listrik, hanya saja diberi tutup dan roda 3. Suspensinya sangat keras saat melibas lubang atau jalan tidak rata. 

Baca Juga:   Nabung 2 Tahun, Orang Ini Beli Ninja Dengan Uang RecehanĀ 

Pernah naik Bajai?

Bantinganya lebih keras dari si roda 3 legendaris asal Jakarta itu. Bajai atau TVS king masih punya suspensi di bagian roda belakang, tapi klo yg ini murni roda belakang nempel di mesin. 

Di kota Solo, motor ini dibandrol seharga 34juta rupiah. 

Soal legalitas, katanya tidak memerlukan STNK atau BPKB karena termasuk kendaraan dibawah 40cc dengan kecepatan maksimal hanya 40KM/jam. Mirip dengan motor-motor mini yang banyak dijual bebas yg juga tanpa stnk/bpkb.

Nag gimana anda tertarik? naik si Tiger ini enak tapi klo siang kayak diopen rasanya. :mrgreen: 

Harganya 32-33juta rupiah.

6 Komentar

  1. Kayanya karena banyak space bisa ditambah acc tambahan buat pendingin portable. Aku trus klo buat belanja mmg lebih enak. Soal keseluruhan, kaya ga tau tangan iseng orang Indonesia dlm modifikasi ?

  2. motec r3 masuk d gang kcl.itu sangat diminati banyak orang.sedangkan kebanyakan orang tggl di gang kecil.mau beli mobil gak msk jlnya .jd hrs motec r3 yg cuooocok

Tinggalkan Balasan