Operasi Gabungan Razia Pajak Motor, Denda 500ribu Per Hari

Operasi Razia berhadiah Motor dari Polres Jember. Foto: Satlantas Jember

Jika selama ini anda beranggapan polisi lalu lintas tidak boleh menilang sepeda motor yang telat pajaknya!. Sebentar lagi anda harus hati-hati. Polisi akan menggelar razia besar-besaran dengan target pemotor yang sepeda motornya Belum Daftar Ulang (BDU) pajak tahunan. Sanksinya gak main-main, denda sampai 500ribu/hari.

Razia bersama ini akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah yakni Badan Pajak dan Retribusi Daerah, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Polri/ Polisi Lalu Lintas. Ora iso ngeyel dab!

Untuk gelombang pertama, Operasi Gabungan Razia Pajak Kendaraan Bermotor (OGR-PKB) akan dilakukan di Jakarta. Tak menutup kemungkinan akan digelar di berbagai daerah.

Operasi gabungan ini akan digelar dalam dua periode. Periode pertama akan dilakukan pada semester pertama 2017 ini dan disebut operasi pencegahan. Pada periode pencegahan, selama razia akan disediakan loket samsat.

Baca Juga:   New VEGA ZR jangan sampe terulang!?!

“Masyarakat yang memiliki roda dua, yang terkena razia, bisa langsung melakukan pembayaran di lokasi. Kita kerjasama dengan Bank DKI dan Jasa Raharja,” jelas Edi Sumantri, Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (22/3/2017).

Lanjut Edi, untuk pengguna sepeda motor yang terkena razia, dan tidak sanggup membayar akan ditilang. Tindakan ini dilakukan karena ada pelanggaran terhadap pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). “Untuk razia periode pertama, sampai Juni,” tambahnya.

Sementara itu, untuk periode kedua atau semester kedua, merupakan tahun penindakan. Artinya, pada saat razia jika kendaraan yang digunakan tidak membayar pajak hingga tiga tahun, harus membayar pajak di lokasi atau ditilang.

Baca Juga:   Honda Spacy, Cara Cerdik Honda Menekan Jatuh Harga Bekas Yamaha

“Kalau lebih dari tiga tahun, selain ditilang maka kendaraan yang bersangkutan akan ditarik. Dan ada retribusi sebesar Rp 500 ribu per hari, selama ditahan,” pungkasnya

Sumber: liputan6.com

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan