Cara Membuat dan Memperpanjang SIM Secara Online

Saat ini membuat dan memperpanjang usia berlaku SIM sudah online se Indonesia Raya. Dua puluh kali lebih maju daripada e-KTP yang anggaranya trilliunan rupiah. Padahal kamera untuk foto e-KTP lebih mahal 3 kali lipat dibanding kamera untuk foto SIM.

Karena sudah online, pendaftaran untuk membuat SIM baru atau memperpanjang usia berlaku SIM tak perlu repot harus pulang kampung sesuai domisili KTP, sekarang dimanapun bisa baik offline datang sendiri ke kantor ataupun daftar dulu secara online.

Kali ini mimin mau berbagi cara onlinenya. Yang pertama masuk dulu ke website Korlantas Polri di www.korlantas.polri.go.id untuk mendaftar.

Pilih menu ‘Pendaftaran SIM Online’. Ada dua pilihan, perpanjangan atau pembuatan SIM baru. Catat, layanan ini berlaku untuk golongan SIM A dan SIM C.
Isi semua formulir yang diminta.

Baca Juga:   FleetSight Telkomsel Alat Wajib Punya Untuk Pengusaha Rental Mobil, Bisa Pantau Posisi Mobil

Bagi yang memperpanjang SIM cukup mudah, karena tak perlu ujian teori atau praktik. Bagi yang mau ujian Teori SIM, di website juga disediakan kisi-kisi soal yang biasa diujikan dalam ujian teori.

Setelah isi data diri secara lengkap sesuai dengan yang tertera pada E-KTP, data bisa di- ‘Submit’.

Bila pendaftaran sukses, pemohon akan mendapatkan kode booking dan notifikasi via e-mail. Yang nantinya harus di-print.

Berikutnya, anda harus mencari surat keterangan dokter di Klinik Polres atau Puskesmas. 

Kemudian bawa semua surat konfirmasi yg telah diprint, KTP & dua Fotokopi KTP, Surat Keterangan Dokter, SIM lama, dibawa ke pelayanan SIM di Polres Terdekat atau Gerai atau SIM Keliling yang sudah anda pilih.

Baca Juga:   Peringati Hari Pelanggan Nasional, Astra Motor Yogyakarta Beri Kejutan

Jika berkas-berkas pemohon telah diverifikasi, langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran.

Setelah itu, pemohon akan mendapatkan nomor panggilan untuk foto, pemindai sidik jari, dan tanda tangan. Maka, Pemohon akan mendapatkan SIM baru.

Namun jika pemohon ingin membuat SIM baru, sebelum foto, sidik jari dan tanda tangan, pemohon terlebih dahulu menjalani serangkaian ujian teori dan pratik. Apabila lulus, SIM baru siap dicetak.

Kalau ingin berlatih ujian teori juga ada simulasinya sob, seperti ini sama persis dengan ujian teori dengan waktu 30 menit.

roda2blog di sosial media

2 Komentar

  1. Tak kira..online langsung jd tinggal ambil..ternyata pake dateng jg(bawa persyaratan dll) …sama ada perpanjang langsung…beti pakai online ama langsung..hemmm
    Mending datang langsung ga sampai 30 menit (pengalamanku februari kmrn perpanjang sim di gerai sim di emporium mal pluit)

Tinggalkan Balasan