Foto Yang Diunggah ke Facebook Boleh Dishare Tanpa Izin Pemiliknya

Kocak dan menggelikan saat melihat Yamaha Indonesia terlihat panik dengan seorang pengguna facebook yang mengunggah foto Yamaha Xabre yang rajawalinya/arm-nya patah. Foto tersebut lalu dijadikan bahan artikel oleg beberapa blogger motor. Yang aneh Yamaha kemudian meminta agar pengunggaj foto menanda tangani surat permintaan maaf dan beberapa blogger juga diharuskan membuat surat pernyataan yang sama di atas materei juga. Ini dagelan sob. 

Coba deh lihat salah satu poin dalam surat pernyataan ini, 

“Hanya saya dapat dari media sosial tanpa mengetahui kronologi yang sebenarnya”

Apakah blogger salah mengambil foto di facebook yang telah disertai keterengan untuk dijadikan artikel? sama sekali tidak salah jika foto tersebut settingan privasinya di facebook  adalah “Publik”. Itu sama aja dengan menyebarkan status yang sudah disetujui oleh facebook dan dipersilahkan. 

Apa itu settingan Privasi di Facebook?

Dalam setiap postingan di FB baik foto, video maupun status selalu ada pilihan Privasi. Lokasinya disamping foto profil anda,

Pilihanya ada “Publik”, “Teman” atau “Teman Khusus” “Hanya Saya” dll Berikut ini pilihanya.

Nahh jika sebuah kiriman, tulisan, postingan, foto atau video atau apapun yang dibagikan di FB diberi privasi “Publik“. Maka siapapun boleh untuk menggunakanya, memproduksi ulang, menulis ulang, menjadikanya berita sampai menyebarkan ke planet mars juga boleh kok. Tidak ada larangan!.  

Baca Juga:   Waspada Banyak Kasus Ban Michelin Terkelupas Seperti Di MotoGP

Ini ibarat anda joget di depan mall, maka semua orang boleh memoto lalu menyebarkanya kemana pun mereka suka dengan tulisan apapun yang mereka mau. 

Beda kasus klo privasi dibikin “teman” berarti anda joget di ruangan tertutup macam Karoaku. Dan khsusus di hadapan teman-teman. Jika fotonya bocor ke luar, tanyain pengunggahnya darimana dapat foto itu terus antemi sumbernya … rapopo.

Lha kok gitu sih? lha mau gimana lagi, lha wong itu sudah tertulis dalam Term Of Service-nya Facebook atau peraturan di facebook. 

Bahwa jika anda mengirim sesuatu bersifat “publik” boleh disebar luaskan, di dalam facebook maupun di luar facebook. Monggo kerso, itu sudah jadi milik publik. Coba baca ToS-nya berikut ini,

Orang yang tidak anda kenal (stranger) dan tidak punya akun facebook berhak mengakses kiriman anda.

Ngeri ya? ya jelas ngeri. Makanya Michael Jackson sangat melindungi privasi anak-anaknya dari publik, kemana-mana selalu pakai cadar. Dia selalu mengatakan, cukup saya aja yang menjadi milik Publik yang bisa diapain aja, anak-anak saya, mereka harus punya kehidupan sendiri, bukan kehidupan yang dimiliki publik.

Di jaman Facebook ini, lha kok banyak orang-orang menyebarkan foto pribadinya untuk dimiliki “publik” untuk bebas di download dan dimiliki siapapun. Makanya saya jarang pasang foto profil di fesbuk.

Baca Juga:   Akhirnya, Pemilik Sepeda Motor Yang Parkir 2 Tahun Itu Ketemu

Misal jika ada orang yang menggunakan foto anda untuk merampok, si perampok itu tidak bisa dijerat hukum pasal hak cipta, karena anda sendiri yang telah membiarkan foto itu digunakan oleh siapapun.

Demikian halnya soal postingan kemarin soal Yamaha Xabre yang protol swing armnya. Jika postingan itu privasinya adalah “publik” ya ngapain harus izin atau klarifikasi ke orangnya? lha wong tulisanya jelas, orangnya jelas, motornya jelas, kronologinya juga jelas. Facebook yang punya sarana tempat tulisan itu berada juga udah ngasih lampu ijo full akses.

Jika anda ingin aman, ya silahkan meggunggah foto narsis di Flickr, yang tidak semua orang bisa mendownload foto. Atau Shutterstcok yang harus bayar dulu kalau mau download. 

Buat Yamaha, jika ingin menyalahkan, salahkan facebook. Media biru itulah yang kurang ajar, lha wong tiap buka FB selalu ditanya,

Apa yang anda pikirkan?

Nah kalau pas vuka fesbuk dia lagi gondok sama motornya, yang dibelinya pakek duitnya sendiri, yang prothol armnya pas malam hari, apa dia salah nulis perasaanya? apalagi di jalur pantura itu banyak setan (kata Yudibatang.com) kali aja dia nulis pas emosi, terus kesambet setan pocong.

roda2blog di sosial media

12 Komentar

Tinggalkan Balasan