Kesan Pertama Ketemu Wuling Confero S di Kota Solo

Wuling Confero mobil MPV murah asal China yang baru saja diperkenalkan di Indonesia. Saat melintas di jalan Slamet Riyadi Kota Solo, mimin ketemu mobil MPV ini dengan Plat H. Sekilas tampilan si Confero S ini tampak mewah mirip dengan Honda Freed tapi lebih panjang.
Sepanjang jalan mimin terus menguntit mobil tersebut hingga dia masuk kantor Bank BCA, mimin pun juga ngikut aja.

Mobil yang dijual mulai harga 137juta hingga 155juta bener-bener bikin penasaran. Seperti apa sih? apakah catnya warnanya akan mudah kusam seperti mobil korea? Platnya setipis kaleng kah?

Mimin pun dapat parkir di samping si Wuling. Sebelum orangnya kabur, langsung tak sergap buat ditanya-tanya.

“Wah kok sudah dapet unitnya mas, Wuling Confero S ini, kan di Jakarta aja masih inden?” tanya saya.

Ehh ternyata beliaunya adalah manjer showroom Wuling untuk area Solo. Beralamat di Pabelan, Kartasura. Berikut ini kartu namanya sob:

Lho kok Chevrolet? Nah disitulah daya tarik dari si Wuling Confero ini. Confero ini hadir di Indonesia dibidani oleh 3 perusahaan yang patungan mendirikan PT. SGMW kepanjangan dari SAIC General Motors Wuling, gabungan dari tiga perusahaan mobil SAIC Motor Corporation Ltd, General Motor, dan Guangxi Motor Corporation.

Demi joinan di PT SGMW ini, General Motors (GM) si pabrikan mobil asal Amerika, rela menyuntik mati Chevrolet Spin dan menutup pabrik di Indonesia.

Baca Juga:   Ini nih Perbandingan Sukhoi Su-35 vs F22 Raptor.

Total dana ada 9 Trilliun rupiah digelontorkan oleh PT SGMW untuk berinvestasi membuat pabrik pembuatan Wuling Confero di Indonesia. Berlokasi di Greendland International Industrial Center, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kota Deltamas, Bekasi, (Jawa Barat) yang dibangun sejak 20 Agustus 2015.

Ini salah satu yang bikin mupeng sama Wuling. Nilai investasi 9 Trilliun adalah rekor terbesar bagi start up perusahaan otomotif di Indonesia. Setara dengan APBD 9 kabupaten.

Untuk menyiapkan Confero, Wuling butuh waktu hampir 2 tahun untuk riset dan pengembangan, bukan asal impor model dari model-model mobil Wuling atau SAIC di luar negeri.

Kasarnya, Enggak asal memasukkan/memasarkan produk seperti produsen asal India, Bajaj, TVS atau TATA.

Wuling Confero adalah mobil yang benar-benar serius untuk dijual, bukan produk sirkus yang dipertontonkan siapa tahu nanti laku dijual.

Wuling Confero dibekali mesin P-TEC DVVT DOHC MPI berkapasitas 1.485 cc. Mesin tersebut dapat menyemburkan 107 tenaga kuda pada rpm 5.800 dan torsi maksimal 142 Nm pada rpm 3.800-4.000. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan.
Impressi fisiknya?
Secara fisik mobil ini terlihat ordinary dari luar. Tahu sendiri kan kalau desain mobil-mobil non jepang terlalu futuristik, lebih maju selangkah tapi akan dicap aneh.

Baca Juga:   Video Orang Melahirkan di Tengah Jalan

Ambil contoh Hyundai Santa Fe, mobil SUV ini saat peslip di tahun 2012. Desainya saat itu terlihat aneh, baru deh pada saat Honda CRV kena peslip tahun 2015 yg desain bumpernya mirip dengan Santa Fe 2012, mulailah booming lampu sipit :mrgreen:

Nah si Confero ini mengambil desain ordinary yang sekilas mirip dengan Honda Freed tapi lebih panjang.

Interior?
Juara mas broo. Begitu masuk terkesan sangat mewah. Door trim, jok kursi, Speedometer MID yang dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS), sensor pintu, Brightness Setting, Digital Speedometer, dan Trip Meter. Colokan USB juga terdapat pada setiap baris Confero S.

Untuk keamanan juga komplit si Confero S ini, di antaranya pemantau tekanan ban, ABS, EBD, Dual Front SRS Airbag, Isofix, Auto Door Lock, Auto Unlock Collision, sensor empat kamera belakang untuk parkir dan dua kamera di depan serta rem cakram depan dan belakang, termasuk juga fitur Immobilizer, Smart Key, dan Anti Theft System.

Soal harga?
Untuk wilayah Solo dan sekitarnya belum keluar mas bro sis. Tapi perusahaan leasing Adira dan OTO sudah memberikan bocoran pembiayaanya sebagai berikut ini.

roda2blog di sosial media

6 Komentar

Tinggalkan Balasan