Matik Rem Blong Terekam Kamera di Turunan Pacet Mojokerto

Masih banyak sobat biker yang belum faham resiko motor matik naik turun area pegunungan. Terutama di musim mudik dan libur lebaran. 

Jadi begini mas bro, yang paling bahaya bagi motor matik adalah saat melahap turunan di rute pegunungan. Karena saat turunan, motor matik hanya ngandelin rem saja buat memperlambat laju motor.

Nah jadinya, piringan cakram jadi super panas, kalau gak percaya silahkan tempel di jidat :mrgreen: atau siram aja piringan cakram dengan air bakalan cosss.

Karena sangat panas, minyak rem jadi mendidih, selang jadi melar dan daya cengkeram piston ke piringan cakram jadi berkurang, jadilah blong…

Bagaimana dengan rem belakang yg tromol? lebih ngeblong lagi sob. Karena pelepasan panas di sistem tromol lebih lambat dibanding sistem piringan cakram. Ruang kampas rem jadi super panas, gesekan kampas rem tak bisa memperlambat mangkok tromol …. jadilah ngeblong. 

Baca Juga:   Klo Bejo, Dovizioso Bisa Juara

Karena matik, jika rem depan belakang ngeblong? ya sudah wassalam …. pasrah, harus pintar cari tempat landing. 

Pada tipe motor bebek dan sport, situasi rem blong bisa diatasi dengan engine break, menggunakan gigi persnelling 1.

Berikut ini video sebuah motor matik mengalami rem blong di turunan Pacet Mojokerto. Untung relawan membuat gundukan pasir dan ban.


Sedangkan berikut ini, berita kecelakaan r blong tahun kemarin di Sarangan, Magetan

Rem Blong, Honda Vario Tabrak Avanza Di Jalan Tembus Sarangan Tawangmangu


 

roda2blog di sosial media

5 Komentar

  1. Harusnya tuas dimainkan mirip kaya sistem ABS itu tuh, rem lepas rem lepas rem lepas, biar kagak overheat.

    jangan lupa kurangi atau turunkan gas, kadang pengguna metik pas nge rem, lupa kasih turun gas tong, , ,

  2. gua dr dulu kagak demen sm ini motor (matik), lebih milih motor bebek ketimbang matik… alesan ? ngga perlu dijelasin alesannya … baca aja itu artikel diatas…

    Hail motor bebek !!!!

Tinggalkan Balasan