Bajaj Qute Boleh Masuk Jalan Tol

Bajaj Qute mulai menggantikan Bemo roda 3 di Jakarta. Foto: detik.com

Meskipun bermesin sepeda motor dengan kubikasi mesin yang hanya 220cc, Bajaj Qute ternyata diizinkan untuk masuk jalan tol. Hal tersebut diutarakan oleh ketua Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan kepada detikcom, Rabu (26/7/2017)

“Ya bisa saja karena dia kategori roda empat. Bisa saja. Cuma mungkin nggak umumlah kalau dia masuk tol,” kata Ketua Organda .

Menurut dia, Bajaj Qute yang mulai menggantika Bajaj roda 3 tidak menyalahi aturan lalu lintas bila masuk ke jalan tol. Sebab, salah satu aturan masuk ke jalan tol adalah kendaraan harus memiliki roda sebanyak 4 buah.

“Kan tidak menyalahi peraturan lalu lintas. Bolehlah itu. Secara itu semestinya boleh, secara aturan dia roda empat. Tapi mungkin kalau jarak dekat boleh,” ujar Shafruhan.

Bajaj Qute bisa memasuki jalan tol jika sifatnya situasional. Sebab, menurut Shafruhan, biaya jalan tol akan dikenakan kepada penumpang.

Baca Juga:   Semewah Apapun Mobilmu, Jangan Lupakan Sholat

“Sifatnya situasional ya mungkin. Misal Cawang mau ke mana, misal dia mau ke Pulomas, katakanlah begitu, bisa saja dia masuk tol. Yang jadi persoalan tol itu jadi tanggung jawab penumpang. Penumpangnya mau nggak, misalnya cuma bayar Rp 20 ribu, ini lewat tol Rp 30 ribu jadinya,” tutur Shafruhan.

Namun, bila itu terjadi, bajaj Qute diimbau tidak mengganggu kendaraan roda empat lainnya. Sebab, bajaj Qute berjalan di sisi kiri jalan tol dan diimbau tidak mengebut.

“Tapi kalau kata penumpangnya masuk tol saja, masuk saja deh, ya sudah tidak apa-apa. Nggak ganggu pengendara lain kan ambil jalur sebelah kiri,” katanya.

Shafruhan juga menegaskan tidak ada aturan khusus untuk cc kendaraan bisa masuk jalan tol. Jadi untuk aturan jumlah roda, bajaj Qute sudah bisa memenuhi aturan tersebut.

Gini, sopirnya kan belum mengerti aturan, bisa jadi. Tapi kalau dalam aturannya dia kan roda empat, karena roda empat tidak disebutkan cc kendaraan kan,” tuturnya.

Baca Juga:   Property itu Roti (Busuk)

Namun yang perlu diingat, hanya yang pernah memiliki Bajaj Roda 3 saja yang diizinkan memiliki Bajaj Qute. Motor roda 4 ini dibandrol harganya dikisaran 70 jutaan. Coba lebih murah lagi, pasti menarik untuk dimiliki orang banyak kan?

 

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan