Sopir Perekam dan Penggunggah Video Pungli Polisi Terancam 4 Tahun Penjara 

Ramainya rekaman video oknum polisi yang melakukan pungli terhadap sopir mendapat respon berbeda. Kapolda Kalimantan Selatan telah mengancam akan menjerat sopir truk dengan ancaman hukuman bisa 4 tahun penjara.

Dalam video yang dengan sengaja dibuat langsung oleh sang sopir truk tersebut lalu disebar ke dunia maya.  Namun sampai saat ini belum diketahui siapa pengunggah pertama video tersebut, apakah sopir truk tersebut atau ada pihak lain yang menyebarkannya tanpa sepengetahuan sopir truk sebagai pemilik video tersebut.

Jika merujuk pada UU ITE bahwa barang siapa yang mengunggah video di media sosial meskipun bukan pemilik video atau bahkan tanpa ijin pemilik video yang mengandung unsur penghinaan sampai kerugian pihak lain maka akan terancam pidana atas dasar peraturan UU ITE yang berlaku di Indonesia.

Seperti yang terjadi saat ini, menjadi viral sebuah video yang menunjukkan oknum polisi melakukan pemalakan terhadap sopir truk, Kabid Humas Polda Kalimantan Selatan AKBP M Rifai membenarkan kejadian tersebut terjadi di wilayahnya. Rifai mengatakan, pihaknya telah memeriksa oknum tersebut. Selain itu, oknum polisi itu juga ditahan atas perbuatan mereka.

Sedangkan untuk si sopir sesuai penjelasan dari @polantasindonesia terjerat pasal penyuapan, sehingga baik polisi atau si sopir terkena sangsi hukuman pasal penyuapan.

Sementara itu Kapolda KalSel Brigjen Rachmat Mulyana lebih lanjut menegaskan kalau pihak kepolisian sedang mencari penggunggah video yang kinimenjadi viral tersebut dan pengunggah video terancam dikenakan pasal UU ITE dengan ancaman pidana 4 tahun penjara.

Berita Terbaru:
Berubah Pikiran, Sekarang Kapolda Kalsel Akan Memberi Hadiah Kepada Sopir Perekam Oknum Polisi Pungli

Lalu apa hukuman yang menjerat para penunggah video yang masuk dalam pelanggaran sesuai UU ITE ?

Hukuman untuk pengunggah informasi yang mengandung unsur penghinaan atau pencemaran nama baik adalah kurungan paling lama empat tahun atau denda paling banyak Rp 750 juta. Begitu dengan pengunggah informasi elektronik berisi kekerasan atau menakut-nakuti memiliki ancaman pidana yang sama yaitu 4 tahun penjara atau denda Rp 750 juta.

Baca Juga:   Polisi Berhak Menilang STNK Mati atau Telat Bayar Pajak Motor Tahunan, Ini Buktinya!

Berikut rincian detail UU ITE :

Pasal 27 ayat (3) UU ITE
“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik”

Pasal 45 UU ITE
(1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Masih ada pasal lain dalam UU ITE yang terkait dengan pencemaran nama baik dan memiliki sanksi pidana dan denda yang lebih berat lagi, perhatikan pasal 36 UU ITE.

Berita lainya:
– Terekam bercinta di atas motor, pasangan ini diburu Polisi


Pasal 36 UU ITE
“Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan perbuatan sebagaimana yang dimaksud dalam Pasal 27 sampai Pasal 34 yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain”

Misalnya, seseorang yang menyebarluaskan informasi elektronik yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dan mengakibatkan kerugian bagi orang lain akan dikenakan sanksi pidana penjara maksimum 12 tahun dan/atau denda maksimum 12 milyar rupiah (dinyatakan dalam Pasal 51 ayat 2)

Pasal 51 ayat (2) UU ITE
Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp12.000.000.000,00 (dua belas miliar rupiah).

Namun pada tahun 2016 sebagian UU ITE mendapatkan revisi, berikut revisinya :

Ketentuan tentang Pasal 27 ayat 3 yang bermuatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik mengalami tiga perubahan.

Pertama, menambah kejelasan atas istilah mendistribusikan, mentransmisikan, dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik. Artinya, tak hanya pembuat konten yang bisa dijerat pasal ini, tetapi juga orang yang mendistribusikan (share) dan membuat sebuah informasi dapat diakses.

Baca Juga:   Marc Marquez dan Dani Pedrosa Blusukan ke Dealer Motor Honda

Kedua adalah penegasan bahwa ketentuan ini bersifat delik aduan, bukan delik umum. Maka itu, orang tak bisa langsung ditahan saat dianggap mencemarkan nama baik seseorang, tetapi harus diadukan terlebih dahulu.

Ketiga, ditegaskan bahwa unsur pidana dan ketentuan mengenai pasal ini mengacu pada ketentuan pencemaran nama baik dan fitnah yang diatur dalam KUHP.

Penurunan ancaman pidana; ancaman pidana penghinaan atau pencemaran nama baik diturunkan dari paling lama enam tahun menjadi paling lama empat tahun. Selain itu, dendanya juga diturunkan dari paling banyak Rp 1 miliar menjadi paling banyak Rp 750 juta.

Penurunan ancaman pidana lainnya adalah ancaman pidana pengiriman informasi elektronik berisi kekerasan atau menakut-nakuti. Dari pidana paling lama dua belas tahun, menjadi paling lama empat tahun dan denda dari paling banyak Rp 2 miliar menjadi paling banyak Rp 750 juta.

Jadi pada intinya kita harus berhati dalam memberikan suatu informasi ke media sosial, jangan sampai kita yang berniat baik namun karena tidak paham akan UU ITEjustru akan tercerat ancaman pidana.

sumber :

Pasal-Pasal Tentang Pencemaran Nama Baik

http://tekno.liputan6.com/read/2663551/hati-hati-di-internet-revisi-uu-ite-mulai-berlaku-hari-ini

https://news.detik.com/berita/d-3357595/uu-ite-polri-tersangka-pencemaran-nama-baik-tak-bisa-langsung-ditahan

Penggunggah Video Pungli Oknum Polisi Terjerat Hukuman Maksimal 4 Tahun Penjara

roda2blog di sosial media

46 Komentar

  1. Gimana rakyat mau bersuara kalau ujung-ujungnya begini… Sama sengan Ustadz AT yang ceramah tentang bahaya komunis, malah ditahan, diadili di pengadilan negeri surabaya dengan tangan diborgol…. hhmmmm….

  2. UNSUR PIDANANYA ??

    Video yg diunggah:

    1. Bukan KONTENT PORNOGRAFI !!
    ==>> Pasal 27 UU ITE tahun 2008 : Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang MELANGGAR KESUSILAAN.

    2. Bukan KONTENT SARA !!
    ==>> Pasal 28 UU ITE Tahun 2008 ayat 2 : Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA).

    3. Bukan KONTENT PENIPUAN TRANSAKSI ELEKTRONIK !!
    ==>> Pasal 28 UU ITE Tahun 2008 ayat 1 : Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam TRANSAKSI ELEKTRONIK.

    4. Bukan KONTENT FITNAH atau TUDUHAN !!
    ==>> Pasal 310 ayat (1) KUHP : Barang siapa sengaja menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan MENUDUHKAN sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu DIKETAHUI UMUM.

    Mungkin memang video tersebut menjadi DIKETAHUI UMUM setelah diupload, TAPI …. Apakah menyerang nama baik dengan MENUDUHKAN suatu hal ?? NO !! TIDAK !!

    Kita baru bisa mengatakan MENUDUH atau MENCEMARKAN NAMA BAIK jika yg terlihati TERBUKTI atau DAPAT DIBUKTIKAN SEBALIKNYA !!

    MUNGKIN ADA YG BISA MELURUSKAN PEMAHAMAN SAYA ??

    • Memang iya sih… Penghinaan nama baik tapi siapa yg lebih hina dg melakukan pungli… Kalau tdk ingin tethina ya jangan berbuat hina apalagi menyangkut nama baik instuisi, kasihan yg lain srh berusaha profesional tp ada oknum yg jd pengkhianat…. Kalau memang terbkti melakukan kejahatan/ penyalah gunaan jabatan/ wewenang kan berarti itu bukan penghinaan/ fitnah tapi sbg bukti nyata/ fakta… Mencrmarkan nama baik itu kan berarti menjelekkan kebaikan dg mengatakan yg bukan sebenarnya.. Lalu dimana kebaikan nama oknum tsb?

  3. inilah indonesia.. diam diinjak..bersuara dihukum..reformasi hanya simbol.. kondisi tetap saja orba..yang berkuasa,yang berwewenang selalu menang.. ada saja dalih dan pasal atau undang-undang yang bisa dipelintir untuk membalikan kebenaran..ujung2nya rakyat yang tertindas.. pada satu titik mungkin revolusi yang akan terjadi..

  4. Klo yg mengunggah aja diancam hukuman 12 thn penjara dan denda sekian milieur, bagaimana polisi yg melakukan pungli tersebut. Harusnya si polisi yg melakukan pungli diancam hukuman 20 tahun penjara, denda 10 milieur dan dipecat dr kepolisian, krn selain melakukan kejahatan pungli jg memalukan korp.

  5. Hahaha bagamana Indonesia mau maju kalau rakyat bersuara di hukum.. inilah negeriku orang salah di bela sampai mati orang benar mati2an untuk di hukum.. selamat datang di Indonesia negeri yg katanya negeri hukum negeri yg katanya kita bebas mengeluarkan pendapat tapi semua itu hanya omong kosong..

    Hukum tajam kebawa pak

  6. Lucu ya.. Yang ngasih tau belangnya si coklat abu2 malah mau di bui…. Apa segala sesuatu harus diam biar semua aman.. Goblok tenan sudah

  7. Jijik kita dapa liat polisi begitu,.,.abdi negara kok gitu,pungli dibiarkan merajalela,.,.,.
    Mana keadilan di negeri in sudah 72 tahub merdeka,.,.tpi masyarakat tdak bisa bebas berpendapat,.,.,komen” panas asedikit di cari tau dipenjara lagi,.,.,.,.,.,.

  8. mantap jiwaa sekali ??? bikiin UU baru gih ,,, isinya bagi yang merekam atau yang melaporkan ada oknum yang pungli harus di hukum mati , dan oknum di wajibkan pungli selamanya , horee horeee horeee ???? #dasarndeso
    #sidangndeso
    #hukumndeso
    #oknumndeso
    #punglindeso
    #undangundangndeso

  9. Mgkn ini ya kata ibu pejuang
    “Kita memang sdh merdeka tapi kita belum sejahtera” kalimat ini selalu trniang diotak aq waktu acara deddy di trans tv. Sedih dgrnya
    Karena itu lbh baik ga usah bersuara, merekam dan lain lain nya
    Kalo ujungnya kita rakyat biasa disalahkan.
    Itulah indonesia.
    Karena bakal percuma buat bersuara atau menunjukan kebenaran
    Toh yg korupsi aja bakal diperingan dan maling ini itu atau apalah hampir sama hukum nya dgn koruptor
    Indonesia ku indonesia ku.

  10. kalo penyebar video terancam 4 tahun penjara, trus kalo pelaku di video yang melakukan pungli terancam penjara juga gak yakk, bukannya udah ada juga tuh pasal.nya tetang pungli, !???

    yahh cuma nanya sii,, biar jelas aja. kok kayak.nya cuma perekam video yang keliatan kasus.nya,

  11. sungguh aneh hukum di negri ini.
    yg salah bisa benar
    ,yg benar bisa jadi salah.
    indonesia merdeka sudah 72 thn.tpi masih merasa terjajah di negri sendiri.
    apa sih arti kemerdekaan menurut kalian..,?

  12. Udah dapat gaji dari uang rakyat tpii masi ngambil uang rakyat nga malu pak katanya pelindung dan mengayomi apa gunanya tuliasan kayagitu klo nga di gunakan
    dengan gagahnya berdiri di jalan sambil mengatas namakan hukum mungkin hukum ygdigunakan beda dengan hukum di negara ini atau mereka punya hukum sendiri . Jdi jngan heran klo masyarakat mencari keadilan sendiri jdi jngan masyarakatnya di salahkan oknumnya yg di salahkan

  13. Pak polisi yg terhormat ?
    Supir2 itu udh pda ga tau harus berbuat apa dengan tindakan para oknum.
    Mangka.a para aopir sampe nekat berbuat seperti itu.
    Seharus.a bapa sebagai kapolda dan sebagai pimpinan paham dengan ke adaaan itu pak.
    Dan sebagai pimpinan bapa seharus.a tegas dan bertindak terhadap anak buah bapa yg jelas2 berbuat salah.
    Bukan malah memenjarakan si sopir yg udh tdk berdaya udh bingung mw ngapain dengan tindakan para oknum ,
    Ini malah d tambah lg penderitaaan si sopir.
    Bapa ga pernah sih hidup d posisi supir dan menjadi orang kecil.
    Jd bapa ga tau bagemana rasa.a udh d tindas tdk tau harus berbuat apa ini mw memeberi tahu bapa biar bapa tau dengan kelakuan anak buah bapa malah d penjara.
    Mana hati nurani bapa.
    Apa bapa kerja ga pake hati nurani ?
    Apa bapa kerja hanya mengikuti peraturan dan peraturan.
    Apa bapa yakin semua peraturan yg ada d indonesia bapa sudah jalan kan apa bapa tdk pernah melanggar peraturan.
    Tolong lah pa!!!
    Buka mata bapa mata hati bapa !!!

    I LOVE INDONESIA

  14. Inilah hukum tidak bisa 100% mendapat keadilan hanya hukum Tuhan yang adil. Menurut saya masyarakat indonesia belum paham tentang hukum kafang niat baik malah menjerat diri kita pada hukum, sebab itulah hukum di dunia. Sebanarnya bapak sopir mungkin berniat baik untuk membantu pihak pemerintah dalam memberantas pungli namun dalam kenyataannya salah dalam cara melakukan untuk itu perlu lebih paham lagi alur alur hukum dan filsafat logika hukum jangan sampai menjerat kita kedalam hukan lagi. Dalam kasus ini seharusnya videonya jangan di iplod dulu, serahkan saja videonya kepada yg berwajib, supaya pihak2 dalam lembaga kepolisian tidak tercemar atau imbas kepada lembaga kepolisian di hadapan masyarakat indonesia jadi tercemar. Saya tau supir dengan maksud baik tp ya itulah hukum sebelum kita bertindak pahami dulu akibat hukum. Makasih

  15. Hhahahah. Katanya pencemaran nama baik.. Bisa aja.. Yang mencemarkan itu ya dari pihak polisi yang melakukan.. Kenapa mau pungli juga. Supir gk salah donk jika mengabadikan video pingli tersebut dan di upload ke medsos. Agar rakyat tau kelakuan pihak yang katanya bertugas. Mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat

  16. CCTV di rumah2 wajib dicopot ne..entar klo ada maling yg ketangkep cctv, trus di upload agar pada tahu muka malingnya biar ccepet ke tangkep , trus malingnya lapor ke polisi atas dasar pencemaran nama baik pasal UU ITE dengan ancaman pidana 4 tahun penjara , yang kemalingan bisa di tuntut 4thn dah…

  17. inilah indonesia.. diam diinjak..bersuara dihukum..reformasi hanya simbol.. kondisi tetap saja orba..yang berkuasa,yang berwewenang selalu menang.. ada saja dalih dan pasal atau undang-undang yang bisa dipelintir untuk membalikan kebenaran..ujung2nya rakyat yang tertindas.. pada satu titik mungkin revolusi yang akan terjadi.

    SETUJU.

  18. Setau saya yg namanya penyogokan adalah pelaku memberikan sesuatu kepada pelaku lain tanpa diminta, nah ini kan pelaku dimintai oleh orang lain??? secara kasarnya ini pemalakan, apalagi ini dilakukan oleh aparat ya takutlah si sopir kalau tidak di kasih, dan mungkin si sopir sudah seringkali dipalak begini jadi bosan dan cari cara supaya hal ini disudahi, ya dengan cara direkam itu salah satunya, sekalian buat pelajaran untuk si pemalak, INILAH INDONESIA YG KATANYA HEBAT (Hebatnya hanya untuk pemegang kekuasaan saja, bukan untuk rakyat indonesia)

  19. Jangan mudah percaya kawan2, kenyataannya si supir pelapor itu dikasih penghargaan oleh kapolda, ini yg buat artikel hati2 loh ntar tercyduk:v

  20. Seperti keluar dari rumah singa trus masuk ke mulut buaya.. diem susah bersuara malah tambah susah.. gak ngotak emang.. makin ga ngerti sama negara ini..

1 Trackback / Pingback

  1. Duh… Sopir Perekam dan Penggunggah Video Pungli Polisi Terancam 4 Tahun Penjara – CDN SUARA LAWU

Tinggalkan Balasan ke Amura Bjb Batalkan balasan