Bentuk SIM Akan Dirubah 

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan segera melakukan perubahan bentuk fisik surat izin mengemudi (SIM). Selain bentuk fisik, sistem data SIM juga akan diperbaiki agar tidak ada lagi kasus telat bahan baku.
Tujuannya untuk keamanan agar lebih susah dipalsukan dan dimanipulasi, kata staff ahli Konsultan IT Korlantas Polri Nanang Risma.

“Desain SIM baru nantinya data utama pada SIM dipindah melalui chip dan bisa dibuka melalui ponsel melalui aplikasi khusus,” kata Nanang seperti dilansir laman NTMCPolri, Kamis (28/9/2017).

Nantinya data identitas SIM bisa dibuka melalui aplikasi ‘IVENTORY’ kartu SIM. Aplikasi itu ditempatkan pada tingkat pusat dan tiap Polda.

Aplikasi tersebut juga bertujuan agar memudahkan dan mengetahui perhitungan persediaan material SIM secara cepat guna mengantisipasi dari kehabisan meterial. Seperti yang diketahui, saat ini di beberapa daerah sedang krisis material SIM dan penggunanya hanya diberi selembar kertas penggantian sebagai SIm sementara.

Baca Juga:   Investasi Bodong Gadis Palembang, Korban Lapor Polisi Malah Diketawain

“Kita berencana ingin membuat aplikasi Inventory yang saling terintegrasi dengan Polda dan Juga Korlantas. Hal ini dilakukan guna meningkatkan keamanan serta pelayanan kepada masyarakat,” ujar dia.

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan