Apa Sih Manfaat Lampu Hazard di Sepeda Motor?

Saat ini banyak motor keluaran terbaru yang dilengkapi Lampu hazard, sebut saja ada Yamaha Mio S, Yamaha Lexi, Yamaha R15, Yamaha Vixion R, Honda PCX New dan entah apa lagi nantinya.
Secara teori, Lampu Hazard adalah lampu tanda darurat. Tombolnya sendiri berbentuk segita. Lampu hazard berarti menyalakan sein kanan dan kiri secara bersamaan.

Seperti dilansir situs Daihatsu, Selasa (16/1/2018), fungsi lampu darurat ini sebagai penanda keadaan darurat yang dialami oleh pengemudi kendaraan tersebut. Hal ini tertulis dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, Pasal 121 ayat 1.

pasal tersebut adalah ‘Setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di jalan.’

Baca Juga:   Waspada! Perang Mata Uang Dunia

Perlu digarisbawahi, kata ‘isyarat lain’ adalah lampu darurat atau lampu kabut. Sedangkan yang dimaksud dengan ‘keadaan darurat’ adalah kendaraan dalam keadaan mogok, kecelakaan lalu lintas, dan mengganti ban.

Masalahnya, apa sih manfaat lampu hazard di sepeda motor?
Apa iya kalau motornya mogok di jalan, lalu bongkar mesin di atas aspal sambil menyalakan lampu hazard? kan ora to?

Atau misal ban kempes, lalu berhenti di atas aspal, kemudian langsung ganti ban di lokasi, kan juga ora to?

Yang namanya motor kalau mogok ya pastinya dibawa turun dari aspal jalan. Atau didorong ke bengkel, enggak perlu bongkar mesin di tempat.

Beda kasus kalau mobil yang mogok.Saat mogok bisa saja posisinya di tengah jalan, nah disitulah fungsi lampu hazard, untuk ngasih tahu pengguna jalan lain kalau mobil kita lagi bermasalah.

Baca Juga:   Pemilik Honda CBR250RR Ini Curhat Soal Pelayanan MPM Motor

Lampu Hazard buat turing?

Bagi sebagian oknum anak turing, yang pakek lampu hazard modifikasi, lampu hazard biasanya diartikan …. woii minggirr rombongan gue mau lewat!!!

Dan sepertinya, memang begitulah nanti fungsi lampu hazard di motor saat sudah menjamur merajalela.

Bisa juga emak-emak juga demikian. Wooii minggir gue mau ke pasar buru-buru nih.

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan